Mohon tunggu...
Catur BayuNugraha
Catur BayuNugraha Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mencoba menulis...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Best Practice PPL (AKSI 1&2)

26 Januari 2023   15:05 Diperbarui: 26 Januari 2023   15:10 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Syaloom.. Salam sehat salam sejahtera untuk kita semua.

Perkenalkan saya Bayu, guru salah satu sekolah swasta di Jakarta yang mengikuti kegiatan PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 pada tahun 2022 di Universitas Negeri Yogyakarta matapelajaran IPS. Sungguh bersyukur rasanya ketika muncul pengumuman kelulusan mengikuti PPG Daljab tahun ini, meskipun semua persiapan harus segera diselesaikan juga dalam waktu yang sangat sedikit. Tentunya banyak tantangan ketika mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan syarat-syarat yang harus diselesaikan, namun Tuhan nampaknya memberika jalan supaya saya bisa melewati itu semua. Mengikuti proses PPG inipun banyak sekali tantangannya, dari mengatur waktu untuk mengajar, mengisi nilai, persiapan peralatan dan sebagainya, berkat bantuan rekan kerja dan juga semangat dari sang istri nampaknya semua itu bisa saya lalui sampai tahap ini. 

Barang pasti semua peserta PPG mengharapkan nilai bagus dan dapat lulus, begitu pula dengan saya yang mengajar IPS saja sudah tidak lagi, lebih banyak tantangan tentunya. Dari seluruh anggota kelas B, ada beberapa peserta yang juga ternyata tidak linier mengajarnya, ada yang di SD, bahkan di SMA. Inilah yang membuat saya semangat kembali, saya yang masih mengajar di SMP lebih beruntung tanpa harus membuat izin untuk PPL di tempat lain. 

Proses selama PPL ini berlangsung sebanyak 2 kali atau 2 aksi. Aksi pertama dan kedua saya lakukan di kelas 9, pertimbangan saya adalah materi yang sesuai dengan matapelajaran dasar saya yaitu ekonomi. Apabila harus memilih antara sejarah, geografi, sosiologi dan ekonomi, saya lebih percaya diri untuk mengajar ekonomi meskipun saya juga tidak menguasai sepenuhnya. hehee...

Berikut adalah cuplikan video PPL 1 dan PPL 2 saya:

PPL Aksi 1:
  PPL Aksi 2: 
Pada Aksi 1 saya mengambil materi tentang konsep ekonomi dan komoditas ekspor Indonesia. Pada PPL aksi ini saya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media pembelajaran canva untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada aksi 2 saya mengambil materi selanjutnya, yaitu materi Perdagangan antar negara, dengan model pembelajaran PBL berbantu media pembelajaran canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Dari hasil PPL aksi 1 maupun 2, dari segi motivasi aksi 1 dan 2 mengalami peningkatan. Begitu juga dengan hasil belajar, baik di aksi 1 maupun aksi 2 mengalami peningkatan juga. 

Dari Aksi 1 maupun aksi 2 inilah akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menyusun best practice. Mahasiswa diharapkan mampu merefleksikan diri dari aksi PPLnya. Alhasil, dari masukan dosen dan juga guru pamong, dapat saya simpulkan PPL Aksi 2 lebih baik dibandingkan PPL aksi 1. Namun, pada PPL aksi 2 ini juga masih ada beberapa catatan, seperti waktu yang tidak sesuai dengan ketentuan, saat bagian akhir menutup pembelajaran belum menampilkan rencana pembelajaran berikutnya dengan baik. Dengan adanya refleksi dengan dosen dan guru pamong inilah akhirnya saya bisa membuat best practice dan rencana untuk Uji Kinerja (Video pembelajaran) dengan lebih baik lagi. Amin...

Berikut adalah laporan yang dapat saya sertakan.

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun