Mohon tunggu...
Bayu Raharjo
Bayu Raharjo Mohon Tunggu... Influencer

Pegiat wisata, Fotografer, Videografer, Influencer, Admin Sosial Media

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Titik Fokus Foto yang Bagus Seperti Apa?

31 Maret 2020   10:10 Diperbarui: 31 Maret 2020   13:40 113 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Titik Fokus Foto yang Bagus Seperti Apa?
Ilustrasi. (Foto: Unsplash) 

Apa yang menjadi titik fokus atau point of interest dalam foto? Itukah faktor yang menghasilkan foto bagus? 

Yang menjadi point of interest dalam suatu foto adalah subjek foto itu sendiri. Foto yang bagus biasanya adalah foto yang mampu bercerita, mengkomunikasikan sesuatu. Seperti halnya komunikasi lisan dan tulisan, sebuah foto juga membutuhkan elemen subjek (S), predikat (P), objek (O), dan keterangan (K). Dari keempat elemen tersebut, yang paling penting adalah elemen subjek, karena tanpa subjek, maka tidak akan terbentuk kalimat yang jelas. 

Pernahkah saat Anda menunjukkan sebuah foto, dan orang yang dituju bingung melihat fotonya? Hal itu mungkin karena subjeknya/ point of interestnya tidak ada atau tidak jelas. Lantas Point of Interest apa yang menarik? Bisa banyak sekali, misalnya manusia, hewan, benda yang berwarna hangat (merah, oranye, kuning), benda yang bentuknya unik juga bisa menarik. 

Foto yang memiliki Point of Interest/subjek yang bagus adalah salah satu faktor penting untuk menghasilkan foto bagus, tapi tentunya bukan faktor satu-satunya, maka itu, penting sekali mencari Point of Interest yang menarik saat kita ingin membuat foto yang bagus. 

Dok. Bayu Raharjo
Dok. Bayu Raharjo

Foto di atas menarik karena memiliki point of interest yang jelas, yaitu Sebuah pohon dihamparan kebun teh. Bentuknya yang unik berbeda dari yang lain dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya. Tanpa pohon tersebut, foto ini akan tidak menarik.  

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x