Mohon tunggu...
Jazir Hamid
Jazir Hamid Mohon Tunggu... PLAT AB I Pelaku Wisata

➡ Mengeluh adalah tanda kelemahan jiwa. [Soekarno]

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

"Work from Home", Kendaraan Kita Merana

29 Mei 2020   19:41 Diperbarui: 26 Juni 2020   21:09 32 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Work from Home", Kendaraan Kita Merana
Sekian bulan Mangkrak di garasi | Dokpri

Instruksi pemerintah kaitannya dengan pandemi covid 19  untuk tetap stay at home atau work at home, atau apapun istilahnya, yang merupakan suatu keharusan untuk dilaksakan demi memutus rantai penyebaran covid 19.  

Tentu ini bisa menyebabkan kita  akan jarang memakai kendaraan pribadi kita. Atau bahkan tidak pernah sama sekali kita pakai kendaraan tersebut selama situasi belum kondusif. 

Biasanya setiap hari kita gunakan sebagai alat transportasi. Otomatis kendaraan kita mlangkrak dan tak pernah dijamah sama sekali. Barangkali demikian keadaannya pada kebanyakan masyarakat.  

Ini tak boleh disepelekan. Masalahnya, mendiamkan kendaraan atau mobil dalam waktu lama bisa menimbulkan risiko.

Meskipun saya bukan seorang teknisi otomotif, paling tidak sedikit mengerti bagaimana kita harus merawat kendaraan/ mobil agar tak ngambek karna lama tidak diperhatikan. itupun juga karena hasil sharing dengan teman teman saat ketemu di bengkel ketika service.

Untuk solusi dari masalah tersebut, setidaknya, ada beberapa hal urgen yang harus diperhatikan untuk menjaga agar kondisi kendaraan kita dalam keadaan baik baik saja dan tidak timbul masalah.

Seperti kita tahu bahwa apapun itu, jika lama tidak digunakan sudah pasti akan timbul masalah. Entah itu banyak debunya, jadi berkarat atau bahkan bisa juga keropos.

Maka sebaiknya sesekali untuk dicek keberadaannya meskipun tidak akan  atau belum mau dipakai. Agar kondisinya tetap terjaga dan tidak timbul masalah.

Jika kendaraan kita sekiranya mau diistirahtkan atau tidak mau dipakai dalam waktu yang lama sebaiknya diparkir di tempat yang aman dan cukup terlindungi dari segala kemungkinan. Entah itu panas, debu dan segala macamnya.

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah cat, hal ini harus kita perhatikan karna kendaraan yang lama terparkir apalagi diluar garasi dapat menimbulkan cat kusam karna terlalu seringnya terkena sinar mata hari secara langsung, ditambah dengan debu yang menempel di kendaraan yang apabila dibiarkan akan menimbulkan kerak pada body kendaraan dan akan sulit hilang dan hal terburuknya menimbulkan karat.

Maka pastikan parkirnya di tempat yang aman. Dan sebaiknya jangan gunakan rem tangan jika mau diparkir terlalu lama karna ini akan sangat beresiko terhadap pernya ataupun terhadap kampas remnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN