Mohon tunggu...
Dr.Dr.Basrowi.M.Pd.M.E.sy.
Dr.Dr.Basrowi.M.Pd.M.E.sy. Mohon Tunggu... Dosen - Pengamat Kebijakan Publik, Alumni S3 Unair, Alumni S3 UPI YAI Jakarta, PPs Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung

Man Jadda Wa Jadda: Siapa Bersungguh-Sungguh Akan Berhasil## **Alloh Akan Membukakan Pintu Terindah Untuk Hambanya yang Sabar, Meskipun Semua Orang Menutupnya**.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Smart Leadership Menuju Organisasi yang Transformasional

9 Desember 2022   19:14 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:18 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Smart Leadership menuju Organisasi yang Transformasional

Dr. Basrowi, S.E., M.E. 

Pengamat Kebijakan Publik, Dosen MM, Uniba

Menjadi Pemimpin yang smart merupakan harapan semua organisasi. Organisasi yang dipimpin oleh leader yang smart akan menjadi organisasi yang mampu memenangkan persaingan. Persaingan yang bisa dimenangkan akan menentukan sustain tidaknya suatu organisasi pada masa yang akan datang.

Smart leadership berusaha mamahami visi, misi, dan tujuan organisasi dengan lebih berorientasi masa depan yang penuh harapan. Seluruh anggota organisasi akan mempunyai harapan yang menggembirakan, manakala para leadernya mulai dari lower, midle, hingga top manajer mampu menerapkan prinsip-prinsip smart leadership dengan baik. Seorang yang mampu menerapkan smart leadership akan mampu mengubah hambatan menjadi tantangan, dan tantangan menjadi peluang. 

Smart leadership dimilimili oleh manager yang smart. Smart leadership  akan mampu membawa organisasi menjadi lebih cepat dalam pencapaian visi dan misi perusahaan. Berapa besar pun hambatan yang dihadapi perusahaan/organisasi, dan berapa berat pun persaingan yang dihadapi organisasi, bukan menjadi penghambat bagi smart leadership dalam memimpin jalannya roda organisasi berputar dengan kencang. 

Kini, saatnya kita berfikir bagaimana menerapkan smart leadership dalam seluruh aspek dan tatanan organisasi yang kita pimpin. Sustan menjadi kata kunci yang hendak kita capai melalui smart leadership tersebut. Sustain yang dimaksud dalam hal ini adalah dibagi menjadi dua, yaitu sustain dalam arti kelestarian bumu, dan sustain dalam arti keberlanjutan organisasi yang kita pimpin. Ketika organisasi dalam memproduksi barang dan jasa bersifat ramah lingkungan, maka organisasi tersebut tidak akan diboikot oleh pelanggannya, karena organisasi tersebut peduli akan kelestarian bumi, dan kelestarian alam yang akan ditempati oleh anakk cucuk kita dan generasi yang akan datang pada umumnya. Dengan demikin, masyarakat akan membeli dan mengkonsumsi produk barang dan jasa kita. 

Dampak lanjutnya, perusahaan kita akan berkinerja bagus, dan mampu menjadi organisasi yang sustain dalam arti mampu bertahan mencapai visi dan misi yang telah ditentukan sejak awal berdiri. Di sinilah letak pentingnya smart leadership yang tidak hanya memikirkan keuntungan sesaat. Namun juga memikirkan keuntungan jangka panjang dalam arti sustain yang sesungguhnya. 

Novelty tulisan ini, membawa pembaca ke arah pemikiran jangka panjang manakala memimpin suatu organisasi jangan sekali-laki terbuai dengan keuntungan jangka pendek nir keuntungan jangka panjang yang bersifat lebih permanen dan lebih sustain. 

Sebagai penutup tulisan ini, mari kita semua menerapkan smart leadership dalam seluruh tatanan kepemimpinan kita, mulai dari keluarga, lingkungan organisasi kita, hingga lingkungan organisasi yang lebih besar.

Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat. aamiin. 

Serang, Kampus Uniba, Gd D. Lt 2 R.2D tgl 9-12-2022 pukul 17.00 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun