Mohon tunggu...
Muchammad Bashori Alwi
Muchammad Bashori Alwi Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan

seseorang yang suka traveling untuk menambah wawasan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa KKN Uniwara Tanam Sayuran Menggunakan Sistem Hidroponik pada Masa Pandemi Covid-19

6 September 2020   08:51 Diperbarui: 6 September 2020   10:13 68 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada saat ini memaksa orang untuk berada di dalam rumah untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai virus covid-19, dan masyarakat harus di tuntut untuk tetap produktif pada masa pandemic covid-19.

Muchammad Bashori Alwi merupakan mahasiswa Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Program Studi pendidikan Matematika yang menjadi salah satu peserta KKN- DR Universitas PGRI Wiranegara yang dilaksanan mulai tanggal 15 agustus - tanggal 15 september. Dibawah bimbingan Dosen Pendamping  Lapangan (DPL), Ibu Zuhrotun Nazihah, M.Pd, bekerja sama dengan Ibu-ibu PKK dusun pandean rt/rw 04/01 desa pleret kec. Pohjentrek.

dokpri
dokpri
Mahasiswa KKN-DR Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan melaksanakan program KKN-DR dalam bidang ketahanan pangan , kegiatan hidroponik di dusun pandean rt/rw 04/01 desa pleret kec. Pohjentrek dilakukan karena keterbatasan lahan, dan kegiatan ini dilakukan di halaman rumah ketua ibu pkk yang terdapat sedikit tempat yang tidak terpakai. kegiatan ini dinilai berguna bagi masyarakat. Selain mengisi waktu luang, tanaman hidroponik juga bisa diperjual belikan untuk membantu meningkatkan perekonomian pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

kegiatan tersebut dilakukan tetap memperhatikan protocol kesehatan yakni jaga jarak, memakai maker, dan mencuci tangan serta menggunakan handsanitizer. penanaman system hidroponik ini bisa digunakan untuk mananam berbagai macam jenis sayuran seperti kangkung, sawi, selada, bayam dan sebagainnya. tetapi kebanyakan ibu-ibu pkk disini hanya fokus pada menanam sawi.

Dengan diadakannya kegiatan KKN- DR Universitas PGRI Wiranegara di dusun pandean rt/rw 04/01 desa pleret kec. Pohjentrek. dalam menanam sayuran ( sawi ) dengan sistem hidroponik, diharapkan Ibu-ibu PKK bisa mencontoh, paham serta mempraktekkan sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar apalagi dalam situasi pandemic saat ini.

Tujuan KKN-DR Universitas PGRI Wiranegara selain mendapat pengetahuan, ibu-ibu juga dibekali pemahaman bahwasanya lahan sekecil apapun bisa di manfaatkan untuk berhidroponik, dan juga bisa juga membantu meningkatkan perekonomian mereka. 

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN