Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Bingung Memilih CRM untuk Bisnis? Begini Tips Memilih CRM yang Tepat

22 Juni 2022   16:48 Diperbarui: 23 Juni 2022   09:39 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips memilih CRM (sumber: myskill.id)

CRM Optimalkan Operasional Bisnis Anda

CRM dapat membantu operasional pemasaran produk dan meningkatkan penjualan pada setiap bidang bisnis yang Anda geluti. Namun, Anda perlu memilih CRM yang tepat untuk bisnis yang Anda jalankan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips memilih software CRM yang tepat untuk bisnis Anda.

CRM singkatan dari Customer Relationship Management yang bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara bisnis atau perusahaan dengan pelanggan.

Nah, sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk memilih sebuah aplikasi, termasuk dalam memilih CRM. Pilihlah CRM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan budget yang Anda miliki. Dan, CRM yang Anda pilih dapat dikustomisasi dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga efisiensi kerja pun tercipta.

Tips Memilih CRM yang Tepat

1. Tentukan tujuan penggunaan CRM

Apabila Anda mengetahui tujuan penggunaan CRM dengan spesifik akan lebih memudahkan Anda untuk memilih software CRM. Tentu semua hal perlu dilandasi tujuan yang jelas sebagai landasan kamu menentukan langkah selanjutnya.

2. Cara mengimplementasi CRM

Software CRM yang berkualitas dan bagus seharusnya dapat langsung diimplementasikan. Atau setidaknya, tidak memerlukan waktu yang panjang untuk menyesuaikan diri dengan fitur-fiturnya dan operasional penggunaan aplikasi tersebut.

Sebaiknya pilih penyedia CRM yang berpengalaman atau aplikasi CRM dari perusahaan lokal di Indonesia yang menyediakan pelatihan khusus bagi tim di perusahaan untuk operasional aplikasi ini.

3. Sosialisasi penggunaan CRM

Biasanya, ada kekhawatiran kalau porsi tanggung jawab mereka dalam pekerjaan akan tergantikan atau diambil alih oleh sistem. Sebaiknya melibatkan juga kesertaan dari tim atau bagian organisasi untuk mengambil keputusan dan menjelaskan keuntungan yang bisa bisnis dapatkan.

4. Tingkat mobilitas

Salah satu fungsi software CRM, yaitu menunjang tingkat mobilitas. Software CRM ini sebaiknya web based dan tersedia mobile app baik pada ponsel android dan ios sehingga dapat dioperasikan dari mana saja dan kapan saja.

5. Aplikasi yang customizeable

Biasanya perusahaan pengembang aplikasi CRM yang berpengalaman membuat sistem aplikasinya bisa dipersonalisasi atau di-customize. Terlebih lagi tipe bisnis sekarang ini makin beragam dan berbeda-beda, sehingga cara penggunaannya pun tidak bisa diseragamkan.

6. Ada versi demo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun