CRM Optimalkan Operasional Bisnis Anda
CRM dapat membantu operasional pemasaran produk dan meningkatkan penjualan pada setiap bidang bisnis yang Anda geluti. Namun, Anda perlu memilih CRM yang tepat untuk bisnis yang Anda jalankan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips memilih software CRM yang tepat untuk bisnis Anda.
CRM singkatan dari Customer Relationship Management yang bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara bisnis atau perusahaan dengan pelanggan.
Nah, sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk memilih sebuah aplikasi, termasuk dalam memilih CRM. Pilihlah CRM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan budget yang Anda miliki. Dan, CRM yang Anda pilih dapat dikustomisasi dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga efisiensi kerja pun tercipta.
Tips Memilih CRM yang Tepat
1. Tentukan tujuan penggunaan CRM
Apabila Anda mengetahui tujuan penggunaan CRM dengan spesifik akan lebih memudahkan Anda untuk memilih software CRM. Tentu semua hal perlu dilandasi tujuan yang jelas sebagai landasan kamu menentukan langkah selanjutnya.
2. Cara mengimplementasi CRM
Software CRM yang berkualitas dan bagus seharusnya dapat langsung diimplementasikan. Atau setidaknya, tidak memerlukan waktu yang panjang untuk menyesuaikan diri dengan fitur-fiturnya dan operasional penggunaan aplikasi tersebut.
Sebaiknya pilih penyedia CRM yang berpengalaman atau aplikasi CRM dari perusahaan lokal di Indonesia yang menyediakan pelatihan khusus bagi tim di perusahaan untuk operasional aplikasi ini.
3. Sosialisasi penggunaan CRM
Biasanya, ada kekhawatiran kalau porsi tanggung jawab mereka dalam pekerjaan akan tergantikan atau diambil alih oleh sistem. Sebaiknya melibatkan juga kesertaan dari tim atau bagian organisasi untuk mengambil keputusan dan menjelaskan keuntungan yang bisa bisnis dapatkan.
4. Tingkat mobilitas
Salah satu fungsi software CRM, yaitu menunjang tingkat mobilitas. Software CRM ini sebaiknya web based dan tersedia mobile app baik pada ponsel android dan ios sehingga dapat dioperasikan dari mana saja dan kapan saja.
5. Aplikasi yang customizeable
Biasanya perusahaan pengembang aplikasi CRM yang berpengalaman membuat sistem aplikasinya bisa dipersonalisasi atau di-customize. Terlebih lagi tipe bisnis sekarang ini makin beragam dan berbeda-beda, sehingga cara penggunaannya pun tidak bisa diseragamkan.