Asep Wijaya
Asep Wijaya pengelola cum penulis di komenfilm.co

penikmat buku dan film - pengelola cum penulis di komenfilm.co, @wijayasep

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

"The Walking Dead" Season 8 Episode 11, Pengantar Bentrokan Rick Kontra Negan

13 Maret 2018   16:59 Diperbarui: 13 Maret 2018   18:40 894 2 2
"The Walking Dead" Season 8 Episode 11, Pengantar Bentrokan Rick Kontra Negan
amcnetworks.com

Inilah episode pembuka untuk pertempuran besar antara pasukan Rick kontra geng Negan. Dan tentu saja, seri cerita ini juga menyimpan kejutan ala The Walking Dead yang terus menggugah rasa penasaran kita untuk selalu menyaksikan kelanjutan kisahnya.

Ya, lagi-lagi, kita disuguhkan kelokan cerita di pengujung episode, yang sebenarnya lebih banyak bikin kesal, tetapi sialnya, juga tambah bikin kepo. Tapi rupanya, inilah resep manjur serial televisi yang pertama kali muncul pada 2010 agar tidak ditinggal penontonnya.

Pada episode ini, kita bertemu dengan aksi Daryl (Norman Reedus) yang tengah memimpin perjalanan pasukan Alexandria menuju permukiman Hiltop.Sementara itu, anggota geng Savior tampak berpencar untuk mencegat laju kawanan itu.

Sebab jika kelompok Alexandria berhasil mencapai Hiltop, apalagi Rick (Andrew Lincoln) dan Michonne (Danal Gurira) juga tiba di permukiman itu dengan selamat, geng Saviorpimpinan Negan tentu dalam bahaya besar.

Meskipun ancaman yang akan dihadapi geng Savior sedikit berkurang setelah tangan kanan Negan, Simon (Steven Ogg) membantai komunitas Scavenger pimpinan Jadis (Pollyanna McIntosh), tetapi penyatuan kekuatan Alexandria, Hiltop, dan Kingdom tidak bisa dipandang remeh. (baca: The Walking Dead Season 8 Episode 10)

Terlebih, ada dendam yang membakar dada sebagian besar anggota Alexandria setelah kematian Carl Grimes (Chandler Riggs). Kita bisa melihat raut pilu Enid (Katelyn Nacon), Morgan Jones (Lennie James), dan Carol Peletier (Melissa McBride) usai mendengar kabar itu dari Daryl.

Dan ya, tiga komunitas itu akhirnya bersatu. Rick dan Michonne pun turut dikabarkan tiba di permukiman Hiltop. Keberhasilan yang tentu saja tidak bisa lepas dari andil Dwight (Austin Amelio) yang mengecoh pasukan Negan agar tidak ke lokasi perjalanan kelompok Alexandria.

Dwight kini jadi pahlawan. Sudah selaiknya pula episode ini menyoroti peran orang kepercayaan Negan itu. Setelah selalu dicurigai masih berpihak kepada Savior, Dwight menunjukkan kesetiannya pada komunitas Alexandria dengan "menyerahkan diri" ke geng Savior.

Ya, secara resmi, Dwight kembali ke kelompok yang kini amat sangat dibencinya itu. Ia sampaikan kebencian itu kepada Tara (Alana Masterson) yang sedari awal mau membunuhnya. Kebencian yang bersumber dari keberadaan mantan istrinya Sherry yang tidak jelas.

Seperti kita tahu, titik balik komitmen Dwight dalam pertarungan dua kubu (Rick dan Negan) ini ada di Season 7. Saat itu, kita menyaksikan kesedihan Dwight yang mendapati sepucuk surat plus cincin kawin yang ditinggalkan Sherry.

Sherry memutuskan untuk kabur dari maskas Negan demi Dwight. Ya, Dwight menjadi bagian dari geng Savior semata untuk melindungi Sherry yang saat itu menjadi selir bagi Negan. Dwight bertahan di Savior demi menjaga nyawa Sherry, mantan istrinya.

Dan Negan sadar betul kondisi itu dan memanfaatkan situasi tersebut. Itulah mengapa Dwight sangat membenci Negan dan ingin membunuhnya. Sebuah pengakuan yang sama sekali diacuhkan oleh Tara dan sebagian anggota kelompok Alexandria.

Di episode ini juga, kita melihat keresahan Eugene (Josh McDermitt) yang mendapati Gabriel (Seth Gilliam) kembali ke Savior. Kita tahu aktor di balik pelarian diri Gabriel dan dr. Carson. Tetapi rupanya, peran itu tertutupi oleh pengakuan palsu Gabriel.

Jadilah kini Eugene tetap memproduksi peluru pesanan Negan untuk persiapan perang besar. Di episode berikutnya, kita juga menanti-nanti kapan Eugene akan kembali ke kelompok Alexandria? Keyakinan yang didasari pada aksi Eugene menyelamatkan sejumlah nyawa anggota Alexandria yang ditawan Negan.

Dan Negan sendiri, benar-benar menjadikan "hari esok" sebagai "hari besar". Ia menjanjikan episode berikut sebagai sinyal akan adanya pertarungan besar kontra Rick. Tidak tanggung-tanggung, Negan telah menyiapkan senjata khusus.

Sebuah trik melumuri semua senjata tajam dengan darah the walker, zombie. Dengan harapan agar mereka yang terkena tusukan senjata itu akan terinfeksi virus dan secara perlahan menjadi zombie.

Tampaknya, kali ini, Negan benar-benar ingin menghancurkan anggota pasukan Rick, bukan lagi ingin memberikan pelajaran dengan membunuh seorang anggota pasukan. 

Sneak Preview Episode 12

Dan di lima episode terakhir menuju akhir Season 8 ini, kita akan segera menyaksikan pertarungan akhir Rick kontra Negan.

Akan ada banyak anggota pasukan dari kedua belah pihak yang tewas. Mungkin saja termasuk Maggie (Lauren Cohan), yang tersandung masalah kontrak kerja dengan produsen serial The Walking Dead ini.

Mengambil judul The Key, kita tentu saja berharap akan menemukan kunci cerita pada episode ini. Kunci yang mungkin ditemukan setelah aksi kejar-kejaran mobil yang melibatkan Rick dan Negan pada episode 12 nanti.

Atau kunci yang mungkin juga berasal dari Dwight yang terlihat berbincang serius dengan Simon di dalam mobil, di belakang aksi kejar-kejaran Rick dan Negan.

Namun yang pasti, episode 12 merupakan awal pertarungan besar antara dua komunitas besar. Sebuah awal dari akhir season yang memang menjadi akhir kisah Negan dan pasukannya, ups!, (berdasarkan komik The Walking DeadVolume 20 dan 21 bertajuk All Out War, hehe).

Tapi tentu saja, versi komik akan sangat berbeda dengan versi serial televisi. Sang kreator Frank Darabont telah menjanjikan hal itu sejak pertama kali penayangan serial televisi ini.

Salah satu buktinya adalah kematian Carl, anak Rick. Pada versi komik, bahkan hingga Volume 29: Lines We Cross, peran Carl masih terus berlanjut bersama Rick. Tetapi untuk serial televisi, kisah Carl harus terhenti di tengah season 8. (baca: The Walking Dead Season 8 Episode 9)

Jadi, masih banyak kejutan yang bakal tersaji di seriap episode The Walking Dead. Selamat berkesal-kesal dan berkepo-kepo, hehe.

-----

The Walking Dead Season 8 Episode 11 Dead or Alive Or -- Serial TV

Tayang pada 12 Maret 2018 di Fox atau AMC

Kreator:Frank Darabont; Sutradara:Michael E. Satrazemis; Produser Eksekutif:Robert Kirman, Frank Darabont, Gale Anne Hurd, David Alpert, Charles H Eglee, Glen Mazzara, Gregory Nicotero; Penulis Skenario: Angela Kang, Channing Powell, Corey Reed; Genre:Horor, Drama; Durasi:42-67 menit/episode; Season danEpisode Pertama:31 Oktober 2010; Jaringan TV:AMC, Fox

Pemeran:Rick (Andrew Lincoln), Negan (Jeffrey Dean Morgan), Daryl Dixon (Norman Reedus), Carl Grimes (Chandler Riggs), Michonne (Danal Gurira), Savior Dwight (Austin Amello), Ezekiel (Khary Payton), Morgan Jones (Lennie James), Carol Peletier (Melissa McBride), Eugene (Josh McDermitt), Maggie (Lauren Cohan), Jesus (Tom Payne), Aaron (Ross Marquand), Simon (Steven Ogg), Jadis (Pollyanna McIntosh), Gabriel (Seth Gilliam), Dwight (Austin Amelio), Enid (Katelyn Nacon), Tara (Alana Masterson), Rosita (Christian Serratos)

diadaptasi dari serial komik berjudul sama karangan Robert Kirkman, Tony Moore, dan Charlie Adiard

sumber data film: AMC, RottenTomatoes 

sumber foto: amcnetworks.com