Mohon tunggu...
Budi Satria Dewantoro
Budi Satria Dewantoro Mohon Tunggu... Pengacara - Praktisi Hukum

Dekat dengan isu hukum-HAM, penggemar sepak bola, peminat budaya, dan penikmat kuliner Nusantara.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Dalam Jajak Pendapat, Netizen Nilai Ganjar-Mahfud Lebih Mampu Menjadikan Ekonomi Kreatif sebagai Motor Perekonomian Nasional

31 Oktober 2023   15:26 Diperbarui: 31 Oktober 2023   15:49 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ganjar-Mahfud berbincang dengan seniman. (Foto: Instagram/@ganjar_pranowo

Total ada tiga pasang figur memastikan maju untuk ambil bagian dalam kontestasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2024 mendatang. Mereka adalah Anies Baswedan -- Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo -- Mahfud MD, dan Prabowo Subianto -- Gibran Rakabuming.  Secara resmi ketiganya pun sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum RI (KPU). Bersamaan dengan itu para bakal capres dan cawapres juga menyerahkan dokumen visi-misi sebagai satu dari sekian persyaratan yang harus di penuhi.

Salinan visi-misi tersebut pun telah beredar luas di kalangan khalayak. Terkait bidang ekonomi, ketiga pasang bakal capres dan cawapres tampak kompak dengan menempatkan isu ekonomi kreatif sebagai program yang akan diimplementasikan tatkala terpilih nanti. Kira-kira pasangan mana yang dianggap oleh publik lebih mampu menjadikan ekonomi kreatif sebagai motor perekonomian nasional dan sumber penerimaan negara.

Bila merujuk hasil jajak pendapat yang terdapat di situs www.kitapolling.com, maka dari 11401 audiens yang berpartisipasi sebanyak 45,1% memberikan suara kepada Ganjar Pranowo -- Mahfud MD. Sementara Prabowo Subianto -- Gibran Rakabuming mendulang 21,3% suara. Adapun Anies Baswedan -- Muhaimin Iskandar hanya mendapat 11,9% suara. Menariknya jumlah swing voters dalam polling yang diadakan pada 26-30 Oktober 2003 lebih besar daripada raihan suara Prabowo Subianto -- Gibran Rakabuming dan Anies Baswedan -- Muhaimin Iskandar. Ada 23,7% audiens yang menyatakan Tidak Tahu/Tidak Akan Memilih terhadap ketiga pasangan bakal capres dan cawapres sebagaimana simulasi dalam polling ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun