Mohon tunggu...
Bang Pilot
Bang Pilot Mohon Tunggu... Konsultan - Petani, penangkar benih tanaman, konsultan pertanian.

Nama asli : Muhammad Isnaini. Tinggal di Batu Bara, Sumut. Hp/wa.0813 7000 8997. Petani dan penangkar bibit tanaman. Juga menjadi konsultan pertanian lahan gambut. Pemilik blog : http://bibitsawitkaret.blogspot.com/ . Menulis apa saja yang bisa bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Dong Feng - Bagian 4

3 Februari 2016   23:10 Diperbarui: 3 Februari 2016   23:35 9027
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Dong Feng - Bagian 4

Karena makin banyaknya telepon yang masuk kepada Bang Pilot dari para pembaca Kompasiana yang menanyakan tentang berbagai cara memperbaiki mesin diesel piston tunggal ini, maka berikut Bang Pilot turunkan tips-tips selanjutnya. Semoga bermanfaat.

1.Cara mengatasi mesin yang mati total, tidak bergerak dan tidak bisa diengkol. 

Mesin yang tidak dapat diengkol lagi, biasanya penyebabnya adalah karena ada bagian bergerak yang lengket. Kami mengistilahkannya dengan jim. Jim ada dua type, jim piston dan jim bantalan.

Jim piston terjadi akibat lengketnya piston dan/atau ring piston pada dinding poring atau silinder. Penyebabnya ada dua, oli kering/sangat kurang atau ring piston patah lalu nyelip di antara piston dan poring.  Penyebab yang kedua jarang terjadi.

Memperbaikinya : buka deksel/kepala mesin dan bagian-bagian yang mengaitnya. Buka penutup belakang mesin. Buka kopel  tiang piston. Buka bantalan/metal bawah. (Bantalan/metal adalah benda berbentuk setengah lingkaran, ada dua buah, berbahan aluminium keras, warnanya putih silver, tebalnya sekitar 3 mm, lebarnya sekitar 2,5 cm dan fungsinya menggantikan kelahar/bearing). Selanjutnya semprot sekeliling dinding dalam poring dengan oli, agar licin hingga mempermudah keluarnya piston set. Jika perlu, tunggingkan mesin hingga oli dapat masuk ke celah antara piston dan poring. Bila diduga lengketnya parah, ganti oli pelicin dengan solar.

Solar lebih cair hingga lebih mudah menyusup di celah yang rapat. Keluarkan piston set memakai kayu penonjok yang dipukul. Pakai kayu yang cukup kuat/keras. Kami biasanya memakai kayu plat ukuraan 1x2 Inch. Bagian yang ditonjok adalah bagian dalam lingkaran tiang piston yang telah dibuka bantalannya tadi. Jangan tonjok bagian dari piston, karena piston ini terbuat dari aluminium keras yang bisa saja pecah/sompel. Setelah bisa dikeluarkan, maka lakukan penggantian bagian-bagian mesin yang dianggap perlu.

Jika penyebabnya oli kering, dan piston serta ring mau dipakai lagi, maka bersihkan permukaan poring dan permukaan piston dengan kertas pasir/amplas. Bersihkan juga secara total semua parit ring piston dengan cara membuka ring terlebih dahulu. Hati-hati membuka dan memasang ring piston, benda ini mudah patah. Pakai tangan, jangan pakai obeng. Biasanya kami membersihkan parit piston dengan patahan ring lama dan minyak solar. NB. Semua parts cadangan yang diberikan saat kita membeli mesin baru, sebaiknya jangan dipakai. Mutunya kurang bagus. Yang bisa dipakai cuma packing top-nya. Itu pun kalau tak ada yang lain.

Bersihkan juga deksel dari kerak dan kotoran. Hati-hati, jangan sampai sitting/dudukan katup tergores oleh sekrap/obeng pembersih.  Sebaiknya lakukan juga skuur pada kedua katup. Prinsipnya, sekali membuka mesin, sebaiknya periksa dan ganti semua bagian yang sudah aus/rusak.  

Jika jimnya mesin akibat macet di bantalan tiang piston/sokar, maka buka dan ganti bantalannya. Periksa bagian koor as yang diapitnya. Jika koor as luka atau tergores, maka haluskan dulu dengan amplas. Jangan pakai kikir kecuali keadaannya sudah parah. Beri koor as sedikit oli sebelum bantalan baru dipasangkan. Mengunci kedua baut pengikat kopel penutup tiang piston harus dikira-kira. Kalau sampai bautnya putus, maka membukanya akan lumayan sulit. Pada dasarnya, sesudah dikunci, sangat jarang terjadi baut itu longgar sendiri.

Jika setelah tiang sokar dipasang tapi dirasa masih oblak, maka buatkan dan pasang lena/pelapis tambahan dari seng tipis. Lena dipasang di bawah bantalan, sebelah bawah saja.  Panjang ujung lena harus pas, jangan sampai menganjal ujung kopel tiang piston. Jika setelah dipasang lena mesin jadi macet/tidak bisa diengkol, maka buang lenanya. Dan kelak nikmatilah suara mesin yang berisik. Mengatasinya harus ganti/bubut koor as, ini mahal dan/atau kerjanya besar. Koor as dibubut lalu bantalannya beli yang over size (ada yang 0.5, 1, 1.5 dan 2 mm). Kalau membubutkan koor as, bawa tiang piston dan bantalan over sizenya ke bengkel, agar orang bengkel tahu berapa dalam tepatnya bubutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun