Mohon tunggu...
Bang Pilot
Bang Pilot Mohon Tunggu... Petani, penangkar benih tanaman, konsultan pertanian.

Nama asli : Muhammad Isnaini. Tinggal di Batu Bara, Sumut. Hp/wa.0813 7000 8997. Petani dan penangkar bibit tanaman. Juga menjadi konsultan pertanian lahan gambut. Pemilik blog : http://bibitsawitkaret.blogspot.com/ . Menulis apa saja yang bisa bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Cara Terbaik Budi Daya Pinang Betara

24 Desember 2019   12:32 Diperbarui: 24 Desember 2019   12:41 1529 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Terbaik Budi Daya Pinang Betara
Buah pinang (dokpri)

Jenis lahan.

Lahan untuk berkebun pinang yang baik adalah tanah gambut tipis atau gambut tua dan tanah humus. Karena lahan seperti ini banyak mengandung unsur organik yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tanaman pinang. Selanjutnya lahan seperti ini disebut lahan kelompok satu. 

Selain tanah gambut tua dan tanah humus, lahan jenis lain yang bisa digunakan adalah tanah lempung berpasir, tanah kuning merah dan tanah kuning merah berpasir. Kandungan pasir sebaiknya tidak lebih dari 25 persen. 

Pada tanah kelompok kedua ini, akan dibutuhkan banyak pupuk organik berupa pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang atau sudah difermentasi. 

Hindarkan lahan tanah kuning merah berbatu kerikil karena lahan jenis ini kurang bagus untuk bertanam tanaman jenis palma. Lahan berbatu ini masih bisa ditanami dengan tanaman berkayu, seperti mangga, alpukat, durian, karet, pala, asam gelugur, cengkeh, gaharu dan lainnya. Namun pertumbuhannya tidak akan sebaik pada tanah yang tidak berbatu kerikil.

Sementara tanah yang tipis berbatu padas di bawahnya hanya bisa ditanami tanaman semusim seperti palawija, cabai, sayuran dan lain-lain tanaman rendah. 

Level lahan pada 1 sd 1.300 mdpl.

Pengerjaan penanaman dilakukan pada awal atau pertengahan musim hujan. 

Persiapan lahan.

Bersihkan lahan dari semak dan gulma dengan cara mekanis atau menggunakan herbisida. Lalu buatlah pancang utama berjarak 3 meter pada lahan kelompok satu dan 2,75 meter pada lahan kelompok dua., di kedua sisi lahan. Jarak pancang utama dari batas tanah atau sempadan adalah 1,5 meter.  Makin subur tanah, maka kerapatan populasi makin dijarangkan. Bukan sebaliknya. Kemudian buat pancang anak dengan jarak 3x3 meter atau 2,75x2,75 meter. Aturan tata letak pancang dibuat secara persegi empat atau baris tentara.  

Lakukan penggalian lubang tanam. Ukuran 30x30x30 cm pada lahan kelompok satu dan 50x50x50 cm pada lahan kelompok dua. Setengah tanah galian atas dipisahkan dari setengah tanah galian bawah.  Biarkan lubang galian selama seminggu. Waktu yang seminggu ini dapat dipakai sebagai wajtu aklimatisasi atau masa adaptasi bibit pinang yang akan ditanam. Bibit diletakkan di dekat lahan kebun dan disiram bila perlu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x