Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Meneladani Sikap Rasulullah SAW untuk Mendapatkan Safa'atnya

7 Oktober 2022   22:07 Diperbarui: 7 Oktober 2022   22:08 87 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Sesungguhnya dalam diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik". 

Kutipan tersebut selalu yang menjadi patokan untuk meneladani sikap dan sifat Rasulullah. Sebagai ummatnya kita wajib menjalankan apa yang sudah dianjurkan oleh nabi akhirul zaman. Kesederhanaan, kecerdasan, kewibawaan dan sifat-sifatnya yang tercermin dalam sidiq, amanah, tabligh dan fatonah. Rasulullah pemimpin yang jujur, adil,  cerdas dan dapat dipercaya. 

Kisah Nabi dari kecil sampai menjadi Nabi hendaklah dijadikan tuntunan dalam kehidupan kita. Dijadikan sebagai suri tauladan untuk menambah keimanan. Rasulullah mendapatkan perintah langsung dari Allah SWT untuk mengajarkan kebaikan dan memperbaiki akhlak. Dan jangan sampai kita menjadi makhluk yang dimurkai Allah karena tidak menjalankan perintah Allah. 

Sebagai wujud kecintaan kita kepada Rasulullah, di bulan kelahirannya kita membaca berjanzi dari tanggal 1 sampai 12. Masjid dan mushola ramai dengan pembacaan berzanji yang mengagungkan Nabi Muhammad SAW. Dari tanggal 1- 11 biasanya setelah selesai mengaji diberi makanan ringan, tentu ini sangat menggembirakan anak-anak. Pada tanggal malam atau hari ke-8 diadakan "Takwinan" dimana disuguhkan buah-buahan yang menggunakan alas yang terbuat dari cobek. Dan pada puncaknya atau yang biasa disebut "Rolasan" disediakan nasi ambeng yang dimakan bersama-sama. 

Semoga kita Ummat Nabi Muhammad SAW mendapatkan safa'atnya. Kita bersama-sama nanti masuk syurga kelak di akhir zaman. Sifat-sifat yang dicontohkan Nabi seperti menyanyangi fakir miskin dan anak yatim piatu, hormat dan patuh pada orang tua, sopan santun akan menjadi kepribadian kita dalam kehidupan sehari-hari. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan