Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kebaya sebagai Identitas Bangsa Menuju WBTB UNESCO

2 September 2022   21:35 Diperbarui: 2 September 2022   21:38 181 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia sangat kaya dengan keindahan alam, seni budaya, musik dan busana. Berbagai macam busana adat ditiap daerah berbeda-beda dengan ciri khas yang melambangkan identitas masing-masing. 

Salah satu kekayaan yang juga menjadi identitas bangsa adalah Kebaya. Kebaya dengan berbagai corak dan model menjadi busana nasional yang banyak dikenakan perempuan Indonesia untuk berbagai aktivitas. Bahkan kini sedang diusulkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) UNESCO. 

Dok. Kris Arya
Dok. Kris Arya

Kebaya sudah banyak mengalami modifikasi sesuai perkembangan zaman. Banyak perancang busana yang konsen pada busana kebaya seperti Anne Avante dan Kris Arya. 

Dengan kecintaannya mereka mengekspresikan rancangannya agar kebaya diterima diberbagai kalangan. Kini kebaya sudah merambah ke tanah internasional yang dibawa konstentan ajang Miss International. Lewat mereka dunia internasional mengenal busana kebaya sebagai kekayaan dan identitas Bangsa Indonesia. 

Dok. Kris Arya
Dok. Kris Arya

Masyarakat kita khususnya perempuan masih banyak yang menggunakan kebaya, terutama yang tinggal di pedesaan. Banyak wanita yang menggunakan jarik dan kebaya sebagai busana sehari-hari. 

Mereka sangat nyaman dan elegan cantik alami menggunakannya. Masih banyaknya perempuan yang menggunakan jarik dan kebaya membawa angin segar untuk para pengrajin batik. Usaha mereka akan tetap eksis karena masyarakat masih membutuhkan sebagai kebutuhan pokok untuk berpakaian. 

Dok. Kris Arya
Dok. Kris Arya

Sebagai warga negara yang baik, tentu akan bangga jika kebaya menjadi Warisan Dunia. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti memberikan vote, memasyarakatkan kembali kebaya sebagai busana nasional, mengenakan kebaya di kegiatan-kegiatan tertentu dan masih banyak lagi. Bangga dengan apa yang kita miliki, apalagi kekayaan bangsa kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan