Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peningkatan Kapasitas SDM dan Peran Serta Bumdes dalam Pengembangan Deswita Winduaji

27 Oktober 2021   21:16 Diperbarui: 28 Oktober 2021   12:06 73 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada wisawatan di Desa Wisata Winduaji, BUMDes mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas SDM. Peserta diambil dari unsur terkait yang dengan desa wisata seperti Pokdarwis, Anggota bumdes, PKK, Pemilik homestay, pedagang di areal wisata, diaspora, komunitas pecinta alam dan unsur lainnya. 

Dengan mengundang tiga narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing. Ketiga narasumber tersebut, Masrukhi Harun (trainer pariwisata), Ali Rokhman (Praktisi / Akademisi) dan Eko Supriyanto (Praktisi pariwisata/ Deswita Jateng). 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Materi yang disampaikan antara pemateri yang satu dengan pemateri yang lain saling berkesinambungan untuk perkembangan deswita di masa depan. Dari mulai pemahaman dan pemantapan desa wisata, tata kelola deswita, sinergitas dan kerjasama, management desa wisata, peran serta bumdes sampai pada promosi dan pemasaran. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Komitmen dan dukungan dari Kepala Desa Winduaji juga sangat besar. Melalui kegiatan ini dia berharap Bumdes menjadi badan usaha milik desa yang produktif dan menciptakan produk unggulan. Desa wisata Winduaji menjadi desa wisata mandiri yang bisa dijadikan pemberdayaan masyarakat dalam mengelola potensi yang ada di desanya. Harapannya dengan kegiatan pelatihan ini, mereka mempunyai skill yang diandalkan untuk mengelola secara profesional. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan