Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Lebaran Sebentar Lagi, Saatnya Berburu Belanja Kebutuhan Lebaran

7 Mei 2021   20:24 Diperbarui: 7 Mei 2021   20:30 275 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebaran Sebentar Lagi, Saatnya Berburu Belanja Kebutuhan Lebaran
Dok. Bisnis.com

Ada sebuah lagu yang paling populer dari Bimbo menjelang lebaran dan bikin perasaan kita campur aduk yaitu lagu Lebaran Sebentar Lagi. Lagu ini menjadi multi tafsir buat kita tergantung isi dompet kita. Kata Lebaran sebentar lagi akan kita sambut dengan suka cita karena akan menemui bulan kemenangan iedul fitri. Tetapi sebagai orang tua akan terasa pusing saat lebaran sebentar lagi tetapi kebutuhan untuk lebaran belum terbeli, pusing aku...pusing aku kata Poltak Siraja Minyak.

Dok. Kabarekonommi
Dok. Kabarekonommi
Tetapi selalu ada rezeki untuk kita setiap menjelang lebaran. Pasar-pasar tradisonal, mall, pusat perbelanjaan ramai diserbu calon pembeli untuk membeli pernak-pernik lebaran seperti baju, sarung,mukena, sajadah sampai kue Lebaran. Ada satu tradisi dua hari menjelang lebaran yaitu "Prepegan". Prepegan adalah pasar yang menyediakan kebutuhan pokok untuk lebaran ditambah untuk keperluan nyadran berupa hantaran-antaran untuk silaturahmi. Dan disediakan juga penjualan "Kembang Salawat" yang terdiri dari daun pandan wangi, salawat, kantil, melati dan bunga-bunga lain untuk nyekar setelah turun dari shalat ied. Prepegan berlangsung selama dua hari, yang pertama prepegan cilik dan yang kedua prepegan gede. Puncak keramaian ada di prepegan gede karena malamnya berlangsung takbir dan besok paginya shalat ied.

Walau tak seramai tahun-tahun sebelummnya,kebutuhan lebaran masih tetaplah ada. Usaha-usaha konveksi, parcel dan usaha lainnya tetaplah bergairah. Tetapi perlu diingat belanja jangan sampai membabi buta cukup sesuai kebutuhan. Karena sifat boros sangatlah tidak dianjurkan apalagi saaat situasi seperti ini.

(KBC-54|Kompasiana Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x