Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Bukber Virtual Trend Saat Pandemi Masih Ada

25 April 2021   22:48 Diperbarui: 26 April 2021   00:11 153 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukber Virtual Trend Saat Pandemi Masih Ada
Dok. Pixabay

Kegiatan rutin yang biasa dilakukan saat bulan puasa adalah buka bersama yang sering disebut "Bukber". Bukber dilaksanakan bersama keluarga, teman, relasi dan organisasi. Bukan sekedar bukber tapi biasanya diiringi kegiatan santunan atau pembahasan kegiatan seperti reuni atau halal bil halal. Lantas bagaimana ditengah pandemi yang masih berlangsung dan pembatasan kegiatan masyarakat secara mikro. Bukber virtual menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. 

Jika memang bukber virtual menjadi alternatif untuk ajang silaturahmi pastikan kalian punya aplikasi seperti Zoom, Skype, Google Hangout dan sejenisnya. Jika sudah punya, mari ikuti kiat-kiatnya agar bukber virtual berjalan sukses. 

Dok. Pixabay
Dok. Pixabay
1. Tentukan jumlah peserta. 

Penentuan jumlah peserta sangat penting agar efektif dan bukber virtual berjalan lancar dan sukses. Dengan penentuan jumlah beserta diharapkan semua terlibat, tidak ngobrol sendiri dan berkesan. Acara terasa dekat dan kekeluargaan karena satu sama lainnya saling mengenal sehingga benar-benar seperti bukber real.

2. Menu

Daftar menu adalah pokok bahasan yang harus disepakati. Mulai dari menu pembuka, utama sampai penutup. Hal ini agar ruh dari buka bersama terasa dari apa yang kita makan. Kalau menunya beda sama saja seperti makan sendiri-sendiri nilai chemistrynya akan terasa berkurang. Dari daftar menu yang tersedia bahkan bisa menjadi pokok bahasan di bukber virtual. 

3. Pakaian / Dress Code

Hal sepele namun menjadi penting adalah kesepakatan mengenai pakaian yang kita kenakan. Apakah resmi, santai atau beba sesuai kesepakatan. Hal ini penting untuk menciptakan efek visual diaplikasi yang ditampilkan. Dan juga kekompakan pengisi Acara, bahwa kegiatan ini sudah dipersiapkan dengan matang. 

4. Berperan Aktif

Masing-masing peserta berperan aktif dalam pembicaraan jangan ada yang pasif. Acara milik kita bersama semua fokus pada monitor masing-masing. Jangan sampai ada peserta yang sibuk sendiri sehingga tak mengindahkan kegiatan bukber virtual. Semuanya fokus dan saling mensupport.

5. Topik Bahasan 

Walaupun kegiatan bukber pada intinya adalah makan bersama, tetapi tak ada salahnya jika ada topik bahasan pada kegiatan tersebut. Bahasan bebas seperti yang telah disepakati bisa yang lagi trending,  bakti sosial, reuni, halal bil halal atau topik lainnya. Semua peserta wajib memberikan sumbang saran, agar diskusi bukber berjalan semarak. 

6. Games

Biar tidak jenuh dengan kegiatan bukber virtual apa salahnya kalau kita selingi dengan kegiatan games. Permainan tidak harus yang berat-berat. Bisa tebak kata atau plesetan atau ice breaking, sehingga suasana hidup. Walau sederhana tetapi permainan ini mampu mendekatkan satu sama lainnya

Semoga tips sederhana ini bisa menjadi rujukan buat teman-teman yang ingin membuat bukber virtual. Perlu persiapan yang matang dan terencana dengan baik agar acara yang kita buat berjalan sukses.

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x