Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Aku Rindu Buka Puasa dan Sahur Bareng Bapak

15 April 2021   20:46 Diperbarui: 15 April 2021   21:05 80 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aku Rindu Buka Puasa dan Sahur Bareng Bapak
Dok. Pixabay

Setiap ramadhan tiba, aku selalu ingat masa kecil dimana mulai belajar puasa. Dari puasa setengah hari atau "Puasa Bedugan" , shalat tarawih sampai tadarusan. Dari yang sekedar ikut-ikutan teman-teman tanpa tahu artinya sampai paham apa itu puasa, tarawih, tadarusan sampai zakat fitrah dan maal saat menjelang Lebaran. Dimana saat akhir ramadhan rasanya kok lama banget puasanya karena pingin lebaran, shalat ied dengan memakai baju baru. 

Ramadhan selalu mengingatkanku pads sosok bapak yang begitu perhatian dan sabar mendampingi anak-anaknya saat sahur. Mengapa hanya saat sahur? Kalau saat buka puasa suasana masih sore dan ditunggu-tunggu jadi semuanya sudah dipersiapkan sejak siang. Beda dengan sahur, lagi nyenyak tidur, badan capai membuat kita susah bangun. Nah disini sosok bapak yang selalu hadir membangunkan kita pas semua hidangan sudah tersedia dimeja. Bahkan kalau masih merem mata kita, bapak langsung menaruh tangan kita pada piring makanan, sehingga tinggal menyantap. 

Begitu juga saat malam setelah tarawih kadang kita suka tertidur dan bapak akan menggendong kita ketempat tidur, memakaikan kain sarung sebagai ganti selimut dan menutupi dengan kelambu agar anak-anaknya tidak digigit nyamuk. Setelah kini sudah dewasa, aku sangat merindukan suasana seperti ini. 

Aku rindu saat setelah shalat tarawih dibagi kuwe, walau kadang cuma kerupuk tetapi sangat berkesan. Begitu juga makanan yang hanya ada dibulan ramadan yaitu "Puli. Sejenis makanan kaya gemblong yang diiris tipis, dikasih kelapa dan gula cair. Ah ramadhan yang selalu kurindukan. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN