Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pengrajin Perahu Pulo Lampes Mensupport Kebutuhan Perahu Nelayan

10 Maret 2021   13:33 Diperbarui: 10 Maret 2021   13:35 66 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengrajin Perahu Pulo Lampes Mensupport Kebutuhan Perahu Nelayan
Dok Pribadi

Alat transportasi pendukung aktivitas nelayan adalah perahu. Entah perahu ukuran besar atau kecil disesuaikan dengan kebutuhan nelayan. Kehandalan dan fasilitas perahu akan mempengaruhi produktivitas nelayan tersebut. Hampir disetiap kampung nelayan mempunyai pengrajin perahu, salah satunya yang berada di Pulo Lampes, Bulakamba. Salah satu pengrajin perahu yang sudah berkecimpung selama 23 tahun adalah Nurokhman (45) yang berpengalaman membuat perahu berbagai ukuran.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Pengalaman dan keahlian yang dimiliki Nurokhman dalam pembuatan perahu membuat dirinya buanjir pesanan. Satu perahu dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 5 meter dikerjakan selama 2-3 bulan dengan jumlah pekerja 5 orang. Harga perahu dengan ukuran besar dengan bahan baku kayu jati dan peralatannya dipatok harga 700 Juta Rupiah. Ternyata memang tidak murah harga perahu tetapi memang kualitas juga menjadi acuannya. Satu perahu mempunyai kekuatan 25-30 tahun.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dalam satu tahun dia hanya mampu memproduksi 4-5 perahu, karena memang proses produksi yang lama. Untuk sementara baru bisa memenuhi kebutuhan perahu untuk nelayan setempat. Kebutuhan perahu memang cukup tinggi, sehingga banyak yang masuk dalam daftar tunggu. Tetapi dia bertekad akan terus berinovasi termasuk dalam penggunaan tekhnologi agar proses produksi lebih cepat tetapi kualitas tetap terjaga.

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|)

VIDEO PILIHAN