Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Kebun Raya Mangrove, Impian Masyarakat Dukuh Pandansari, Brebes

7 Maret 2021   19:02 Diperbarui: 7 Maret 2021   19:09 40 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebun Raya Mangrove, Impian Masyarakat Dukuh Pandansari, Brebes
Dok. Pribadi

Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Brebes berada dipesisir pantai utara Brebes. Letak geografis yang berada di pantai dan muara Sungai Pemali memungkinkan di daerah ini banyak tanaman mangrove. 

Berdasarkan catatan di Kelompok Masyarakat Penyelamat Hutan Pesisir (KMPHP)  terdapat 603 ha hutan mangrove dengan total tanaman sekitar 3 juta batang. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Luasnya cakupan hutan mangrove ini bukan muncul begitu saja tetapi melalui usaha dan kerja keras selama 23 tahun. Sudah hampir separuh yang berhasil direboisasi dari luas yang terkena abrasi sekitar 1.500 ha. 

Pencapaian ini harus diapresiasi sebagai bagian dari upaya penyelamatan lingkungan. Salah satu keinginan masyarakat Dukuh Pandansari adalah memiliki Kebun Raya Mangrove sebagai monumen semangat bangkit keterburukan dari abrasi dan juga edukasi untuk masyarakat dan pengunjung. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Lahan seluas 219 ha yang memanjang 1,5 km menjadi calon lokasi kebun raya mangrove. Dataran baru hasil endapan banjir akan menjadi lahan penanaman. Terdapat sekitar 20 spesias burung yang 14 diantaranya dilindungi undang-undang,  spesies ikan dan jenis-jenis mangrove. 

Kelak  kalau kebun raya mangrove ini terealisasi akan menjadi daya tarik wisata penopang Deswita Mangrove Pandansari. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x