Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Panen Bawang Merah, Ekonomi Menggeliat di Berbagai Sektor

1 Desember 2020   12:23 Diperbarui: 1 Desember 2020   12:28 49 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Panen Bawang Merah, Ekonomi Menggeliat di Berbagai Sektor
Dok. Pribadi

Menjelang akhir tahun sebagian besar petani bawang merah di pantura Brebes melaksanakan panen raya. Ratusan hektare tanaman bawang merah yang tersebar dibeberapa kecamatan menghasilkan ribuan ton bawang merah. Panen raya ini menyerap ribuan tenaga kerja yang begerak diberbagai sisi. Mulai dari tenaga bedol, precel, songgol sampai pembutik. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Setiap panen bawang merah secara otomatis ekonomi masyarakat menggeliat. Mulai dari pasar yang menjual kebutuhan sehari-hari, warung makan, jajanan sampai kebutuhan lainnya. Semua menjadi ramai sehingga banyak pasar tiban dan pedagang keliling musiman yang menjual aneka kebutuhan. Begitu juga angkutan baik becak, tosa maupun pick up atau truck. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Pasca panen pun masih banyak memberi mata pencaharian bagi masyarakat. Ada yang mencari sisa hasil panen atau gampung,  ada yang kuli dengan mencangkul tanah untuk diratakan guna menanam padi. Dan pekerjaan itu berlangsung beberapa hari sampai masa penaburan benih.

Begitu juga pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan masa tanam padi. Begitu juga untuk juragan bawang,  baik yang jual bawang protolan maupun gedengan bawang merah. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x