Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hari Anak Nasional di Tengah Pembelajaran Jarak Jauh

23 Juli 2020   12:36 Diperbarui: 23 Juli 2020   12:31 178 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Anak Nasional di Tengah Pembelajaran Jarak Jauh
Dok. Fb Rini Pujiastuti

Setiap tanggal 23 Juli Bangsa Indonesia memperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Hal ini sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 44 Tahun 1984 tertanggal 19 Juli 1984. 

Pada saat itu mantan Presiden Soeharto melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa. Pemerintah juga membentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)  sebagai institusi independen guna melakukan pengawasan dan pelaksanaan upaya perlindungan anak. (sumber wikipedia). 

Dok. Aditia Wahyu
Dok. Aditia Wahyu
Dunia anak-anak identik dengan bermain dan belajar, dunia yang penuh tawa ceria tak mengenal susah. Namun ditengah pandemi kebebasan mereka seakan terbatasi baik untuk belajar dan bermain. 

Banyak fasilitas bermain yang tidak dibuka ataupun dibatasi pengunjungnya.  Termasuk dalam proses belajar mengajar mereka sedang mengalami kebingungan karena sistem daring. 

Dok. FB Zakri
Dok. FB Zakri
Belajar menggunakan media online bagi anak-anak menimbulkan masalah tersendiri.  Dari masalah sistem pembelajaran, tidak punya hp, kuota sama kemampuan orang tua dalam memahami pelajaran.  Dunia anak-anak seperti berkurang dengan tidak bertemunya mereka dengan teman-teman dan berinteraksi dengan mereka. 

Dok. FB Zakri
Dok. FB Zakri
Tidak semua anak-anak beruntung nasibnya, ada beberapa anak-anak yang putus sekolah, hidup dijalanan bahkan yang bekerja untuk meringankan beban orang tua. 

Bersyukur ada beberapa pihak atau lembaga yang membantu mengatasi permasalahan mereka. Ada forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP)  yang mengembabalikan mereka bersekolah. Semoga di HAN 2020 semua anak-anak Indonesia mendapatkan hak-haknya untuk masa depan mereka. (KBC-54|Kompasianer  Brebes Jateng|).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x