Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Benarkah Ayam Jago Kluruk Tengah Malam Tanda Ada Anak Perawan Hamil?

17 April 2020   07:38 Diperbarui: 17 April 2020   08:26 4643 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Ayam Jago Kluruk Tengah Malam Tanda Ada Anak Perawan Hamil?
Dok. Harga.Top sebagai ilustrasi

Apa yang kalian pikirkan jika mendengar bunyi ayam jago diwaktu malam? Bagi kita yang tinggal di wilayah Jawa Tengah atau masyarakat Jawa Tengah yang berada di luar pasti berpikir ada anak perawan hamil tanpa suami atau kehamilan yang tidak dikehendaki. Atau anggapan yang kedua ada setan lewat karena ada bayi yang belum berusia 40 hari. 

Jago Kluruk dalam budaya "Titen" masyarakat Jawa Tengah digambarkan seperti itu, sehingga ketika ada ayam jago bunyi malam hari langsung nyeletuk, "Ada perawan hamil nih, ". Maka keesokan harinya saat ibu-ibu beli sarapan ramai memperbincangkan jago kluruk tengah wengi. 

Fok. Harga.Top sebagai ilustrasi
Fok. Harga.Top sebagai ilustrasi
Penulis yang notabene generasi 90-an masih suka berpikiran begitu. Budaya turun-temurun yang diterima sejak kecil tidak hilang begitu saja walau kita hidup di era modern. Sehingga anak-anak sering protes ketika ayahnya berkomentar ketika mendengar bunyi ayam jago diwaktu malam. Mungkin zaman dulu masih relevan,  seiring kemajuan zaman budaya titen tak lagi menjadi acuan. 

Tetapi setelah ditelesuri secara ilmiah ditemukan bukti bahwa jago kluruk tengah malam karena pengaruh hormonal. Jago kluruk juga bisa menjadi pertanda perubahan alam. 

Nah hormon yang bernama Mon Kadi bukan Man Kadi apalagi Mukidi terletak persis dibelakang mata dalam rongga kepala. Hormon tersebut adalah hormon reproduksi yang berfungsi sebagai pemicu,yang membuat ayam jago mempersiapkan tubuhnya untuk musim kawin dan membuat si ayam menjadi lebih agresif.

Jadi ketika ayam jago kluruk di malam hari karena pengaruh hormonal yang membangkitkan birahi. Jadi itu bisa dijadikan sinyal atau pertanda besok pagi cuaca akan cerah. Makanya kenapa setiap pagi saat cuaca cerah kita mendengar ayam jago bersahut-sahutan, dan akan kita lihat sinar matahari begitu cerahnya.

Lalu bagaimana ketika hujan sedang turun di siang hari, apa bisa dijadikan pertanda? Bisa, ayam jago berkokok saat hujan berarti terjadi perubahan suhu cuaca dari dingin kepanas. Bisa diartikan hujan akan segera berakhir saat mendengar kokok jaho disaat hujan. 

Sekarang sudah jelas yah mengapa ayam jago berkokok tengah malam karena berbagai sebab, salah satunya karena hormon Mon Kadi yang naik menyebabkan birahi ayam jago tidak ada hubungan dengan birahi anak perawan. (KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng) 

Dok. Kombes
Dok. Kombes

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x