Mohon tunggu...
Banan Muthohharoh
Banan Muthohharoh Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Perubahan.. BISA!!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Analisis Data Kualitatif-Creswell

27 Mei 2015   18:35 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:32 2090 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Analisis Data Kualitatif-Creswell
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Setelah melakukan penggalian data, tahap selanjutnya adalah Analisis Data. Creswell mengemukakan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis data kualitatif, antara lain yaitu:

1.Analisis data kualitatif dapat dilakukan secara simultan dengan proses pengumpulan data, interpretasi data, dan penulisan naratif lainnya. Proses analisis data kualitatif berjalan beriringan simultan dengan proses lainnya bahkan pada awal penelitian.

2.Pastikan bahwa proses analisis data kualitatif yang telah dilakukan berdasarkan pada proses reduksi data dan interpretasi. Data yang telah diperoleh direduksi ke dalam pola-pola tertentu, kemudian melakukan kategorisasi tema, kemudian melakukan interpretasi kategori tersebut berdasarkan skema-skema yang di dapat.

3.Ubah data hasil reduksi ke dalam bentuk matriks. Dari matriks tersebut akan dilihat hubungan antara kategori data menurut subjek, kategori data menurut informan, berdasarkan lokasi penelitian, berdasarkan demografis, berdasarkan waktu, dan berdasarkan pernedaan kategori lainnya.

4.Identifikasi prosedur pengodean (coding) digunakan dalam mereduksi informasi ke dalam tema-tema atau kategori yang ada.

5.Hasil analisis data yang telah melewati prosedur reduksi yang telah diubah menjadi bentuk matriks yang sudah diberi kode, selanjutnya disesuaikan dengan model kualitatif yang dipilih. Seperti, fenomenologi, etnografi, atau studi kasus yang masing-masingnya memiliki kekhasan dan tujuan.

Demikianlah tahapan yang harus dilakuakan dalam analisis data kualitatif menurut Creswell yang di ambil dari buku Herdiansyah yang berjudul: Metodologi Penelitian Kualitatif. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca untuk menganalisis data kualitatifnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN