Mohon tunggu...
Sosbud Pilihan

59 Tahun Pertamina untuk Negeri

13 Desember 2016   17:26 Diperbarui: 13 Desember 2016   18:11 0 1 0 Mohon Tunggu...
59 Tahun Pertamina untuk Negeri
Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun menghadiri acara

Makan siang baru saja berlalu beberapa beberapa saat pada acara #PertaminaBersihkanPantai di Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban, Pulau Bintan, Kepri. Tiba- tiba suasana menjadi riuh saat serombongan tamu mendatangi lokasi acara yang diadakan serempak di lima lokasi di Indonesia itu, dalam rangka merayakan HUT Pertamina ke 59. Peserta acara tiba- tiba antusias, tak disangka dan tak diduga, pembawa acara seketika mengumumkan bahwa Gubernur Kepri, Bp. Nurdin Basirun beserta rombongan telah bergabung bersama para peserta di lokasi kegiatan. 

  

Dan lebih luar biasa lagi, setelah beramah tamah beberapa saat dengan tuan rumah dan para undangan lainnya, Bp. Gubernur Kepri juga turut serta menyumbangkan suara emasnya di atas podium dengan menyanyikan dua buah lagu serta mengajak masyarakat yang hadir untuk bergoyang bersama mengikuti irama musik yang ceria. Beberapa masyarakat turut serta naik ke atas panggung untuk berjoget bersama gubernur mereka.

Tahun ini Kabupaten Bintan merupakan salah satu dari lima daerah yang dijadikan pusat peringatan HUT ke 59 PT. Pertamina (persero) selain Pantai Mutiara Hijau di Balongan, Jawa Timur, Teluk Penyu di Cilacap, Jawa Tengah, Pantai Grand Watu Dodol di Banyuwangi, Jawa Timur dan Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pantai Bugis, Tanjung Uban, Bintan, Kepri.
Pantai Bugis, Tanjung Uban, Bintan, Kepri.


Di hari HUT Pertamina yang ke 59 ini juga, ada beberapa sumbangsih pertamina yang diberikan untuk negeri, khususnya di sekitar lokasi acara di mana kegiatan ini dipusatkan, yakni di Pantai Kampung Bugis. Di antara sumbangsih tersebut, setelah seremoni pembukaan acara dengan doa, pemotongan tumpeng dan penyerahan bantuan secara simbolis oleh pihak PT. Pertamina kepada beberapa elemen masyarakat, diantaranya; penyerahan santunan bagi 59 anak yatim di Tanjung Uban, penyerahan bantuan alat sekolah kepada Sekda Kabupaten Bintan, penyerahan alat pembuat dan pengolahan pupuk kompos kepada Kepala Sekolah SMUN 5 Tanjung Uban, dan penyerahan bantuan untuk Taman Baca kepada SMP Islam terpadu Tanjung Uban.

Penyerahan bantuan kepada masyarakat.
Penyerahan bantuan kepada masyarakat.


Setelah sesi penyerahan bantuan, kegiatan dimulai dengan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya kegiatan bersih pantai di lokasi acara Pertamina Bersihkan Pantai tersebut. Dengan demikian, ratusan masyarakat yang ikut dalam kegiatan ini, yang telah “dipersenjatai” dengan peralatan kebersihan berupa sapu, serokan, cangkul dan penggaruk sampah, serentak turun ke pantai untuk membersihkan sampah yang ada di sepanjang garis pantai.

Beberapa anak- anak juga terlihat turut serta dengan gembira bersama orang tua mereka dalam membersihkan sampah yang ada di sepanjang pantai. Beberapa anak muda dengan sigap segera memasukan sampah yang telah dikumpulkan ke dalam plastic sampah untuk kemudian dikumpulkan menjadi satu sambil menunggu angkutan yang akan membawa sampah tersebut ke tempat pembuangan sampah akhir.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian PT. Pertamina untuk menjaga kelestarian alam dengan melakukan reboisasi di Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban.

picture4-584fcb56b192730c1449b423.jpg
picture4-584fcb56b192730c1449b423.jpg
picture5-584fcb740323bd3e15dddd29.jpg
picture5-584fcb740323bd3e15dddd29.jpg
Pembersihan pantai dan penanaman pohon.
Pembersihan pantai dan penanaman pohon.


Selepas reboisasi, para tamu dan undangan melakukan sesi kunjungan ke booth pameran kerajinan tangan masyarakat tempatan yang terletak tak jauh dari panggung utama acara ini dilaksanakan. Berbagai macam hasil kerajinan tangan masyarakat berupa souvenir dan makanan hasil olahan dipamerkan di booth- booth ini. Tamu dan undangan juga berkesempatan melakukan Tanya jawab dan diskusi dengan penanggung jawab masing- masing booth.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN