Mohon tunggu...
Bambang Barkah
Bambang Barkah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hidup harus penuh bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peningkatan Literasi Digital di SDN Sukatali

16 Oktober 2021   09:50 Diperbarui: 16 Oktober 2021   09:56 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Perkembangan teknologi dijaman sekarang semakin canggih dan sangat pesat, sebenarnya teknologi sudah ditemukan pada jaman dahulu tetapi dengan seiiring berjalannya waktu banyak  inovasi-inovasi kecanggihan teknologi dimasa sekarang. Dahulu mungkin yang hanya handphone, telepon, dan beberapa teknologi jadul bisa tergantikan dengan teknologi yang lebih modern. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Dunia pengaruh teknologi yang cukup besar yang sebagai konsumen teknologi negara lain.

Pada saat ini teknologi menjadi peran utama bagi masyarakat dengan tujuan membangun bangsa. Misalkan saja internet, internet ini menjadi acuan masyarakat sabagi akses untuk mencari pengetahuan yang luas dan jelas semuanya di dalam internet.

Internet mempunyai dampak positif yaitu antara lain sebagai informasi dan pengetahuan yang tak terbatas bagi para pelajar, apalagi sekarang di era pandemi covid-19 pemerintah mewajibkan pembelajaran secara daring untuk pelajar mau itu dari tingkatan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Namun internet juga akan menjadi dampak negatif untuk masyarakat ataupun pelajar, apalagi untuk anak-anak sekolah dasar. Maka dari orang tua wajib membimbing anak-anaknya suapaya tidak kecanduan dalam penggunaan internet.

Pada tanggal 26 agustus sampai 26 september saya ber-kkn atau kuliah kerja nyata di Sekolah Dasar Negeri Sukatali, saya meningkatkan literasi digital untuk siswa-siswa Sdn Sukatali karena anak-anak disana kurang memahami cara penggunaan teknologi mau itu handphone ataupun laptop. Karena dengan adanya pembelajaran daring anak-anak disana sangat menghawatirkan karena dengan kuota yang cukup mahal anak-anak tidak bisa sekolah dengan bertatap muka dengan gurunya di via zoom, maka dari itu guru memberikan tugas melalui whastapp saja, tetapi siswa-siswa disana ada yang langsung mengerjakan tugasnya dan ada yang tidak mengerjakan tugasnya, mungkin kelemahan pembelajaran daring ini sangat berdampak bagi siswa-siswa apalagi siswa Sdn Sukatali.

Saya bertugas dan sekaligus membantu guru untuk mengawasi dan memberikan arahan-arahan bagi siswa Sdn Sukatali agas siswa dapat mengerti bagaimana pembelajaran daring. Siswa juga diberi pemahaman mengenai cara penggunaan laptop untuk uas disekolah dengan menggunakan komputer nanti.

Dengan begitu siswa sedikit demi sedikit mengerti dengan pemahaman yang diberikan oleh saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan