Regional highlight

Waspada Pencopetan di ITC Kebon Kelapa, Bandung

20 April 2017   13:49 Diperbarui: 20 April 2017   19:59 203 1 0

Maraknya aksi kriminalitas yang terjadi khususnya di Indonesia membuat kita merasa tidak aman saat berada di luar rumah, Kota Bandung merupakan kota besar yang tak luput dari ancaman tindak kriminalitas di jalanan. Beberapa waktu lalu pun, aksi kriminalitas meningkat. Aksi kriminalitas inilah yang jadi perhatian khusus dari Kapolrestabes Bandung. 

Berbagai macam modus baru pencopetanpun semakin gencar di berita kan di media, seprti yang terjadi di Mall ITC Bandung, di Mall ITC Bandung ini sering terjadi aksi pencopetan, mirisnya yang melakukan akasi pencopetan itu justru sering di lakukan oleh ibi-ibu yang sengaja berkunjung ke Mall.

Padahal letak Mall ITC Bandung bersebelahan dengan pos polisi kawasan Kebon Kelapa, namun itu tak membuat para pelaku kejahatan merasa takut. “iya, disini memang sering terjadi kecopetan, saya juga lumayan sering kesini dan pernah menyaksikan penangkapan pencopetnya” ujar Pa Yadi selaku pengunjung Mall ITC Bandung. 

Polres Kebon Kelapapun membenarkan bahwa kasus yang sering terjadi di Mall ITC Bandung dan sekitarnya ini adalah kasus pencopetan, “Memang kasus yang sering tejadi di sini itu pencopetan dan kehilangan, tapi kita juga udah sering mengantisipasi pertokoan untuk antisipasi kerawanan pencopetan, kita juga setiap harinya ada penjagaan dari petugas piket di Polres selama 24 jam”. Tegas Pa Ujang selaku salah satu polisis yang berada di Polres Kebon Kelapa Bandung.

Tindak kejahatan pencopetan dan kehilanganpun tidak hanya di lakukan oleh para ibu-ibu, namaun anehnya ini juga di lakukan oleh para pemilik toko karena mereka merasa toko mereka sepi. “kadang-kadang yang punya toko itu merasa tokonya sepi jadi untuk bayar service cas ngga ada, bayar listrik ngga ada, jadi istilahnya modus kehilangan misalnya satu pakean hilang, itukan kehilangannya pas waktu malem piket, lalu ada anggota yang serah terima shift, lalu pas dateng yang punya toko atau penjaga toko itupun lapor ke security bahwa toko itu terbongkar, itu modus  yang sering juga terjadi di Mall ITC ini”, ujar Anong selaku ketua Scurity Mall ITC Bandung.

Masyarakat diminta waspada dan selalu berhati-hati ketika bepergian, jaga diri dan jaga barang anda dari aksi-aksi dan modus-modus baru pencopetan.