Mohon tunggu...
Balggys Mae
Balggys Mae Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Ditemukan Planet Raksasa Lebih Besar dari Jupiter

14 November 2017   18:41 Diperbarui: 14 November 2017   19:06 967 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ditemukan Planet Raksasa Lebih Besar dari Jupiter
hith-planet-nine-e-5a0adc2fc252fa408e6b1242.jpeg

Astronom menemukan planet baru yang memiliki empat bintang induk. Planet gas raksasa ini memiliki ukuran 13 kali lipat dari Jupiter. Semua orang pasti mengetahui bahwa planet Jupiter adalah planet di tata surya. Namun bukan berarti planet Jupiter bukan planet yang paling besar bagi semesta.

Dikutip dari CNNIndonesia sebuah exoplanet yang bernam aOGLE-2016-BLG-1190Lb ini berhasil ditemukan oleh para astronom galaksi lain. Tetapi saking besarnya planet tersebut, sempat ada keraguan dari para astronom jika benda angkasa itu merupakan sebuah planet.

Terdapat kemungkinan objek antariksa ini masuk ke dalam kategori 'kurcaci coklat'. Kurcaci coklat itu mempunyai istilah bagi objek antariksa yang mampu menghasilkan panasnya sendiri meskipun energinya sangat lemah sekitar 300 hingga 400 derajat Fahrenheit. hal itu disebabkan objek seperti ini kerap disebut juga sebagai 'bintang gagal'.

Dengan demikian Matahari dan bintang-bintang lainnya bisa memancarkan panas jauh lebih kuat dan hal terpenting ukurannya juga masih lebih besar sehingga memenuhi syarat terjadinya proses fusi nuklir.

Sang peneliti menuliskan bahwa keberadaan gurun coklat adalah pertanda ada mekanisme formasi yang berbeda bagi bintang dan planet, kedekatan OGLE-2016-BLG-1190Lb dengan gurun itu menimbulkan pertanyaan apakah ia benar-benar sebuah planet.

Para astronom terus menyelidiki lebih lanjut dengan menggunakan Teleskop Antariksa Spitzer milik NASA dan mereka berharap agar dapat memecahkan kasus misteri status obek antariksa ini.

VIDEO PILIHAN