Gaya Hidup

Sepatu Hak Tinggi yang Berdampak Kanker

14 November 2017   14:27 Diperbarui: 14 November 2017   15:07 125 0 0
Sepatu Hak Tinggi yang Berdampak Kanker
bahaya-menggunakan-high-heels-5a0a9a02ade2e1345f48d9a5.jpg

Sepatu hak tinggi selalu menjadi hal yang wajib bagi perempuan, untuk digunakan dalam berbagai kegiatan. Tak dipungkiri sepatu hak tinggi memang membuat kaki kita terlihat panjang dan postur tubuh terlihat indah. Namun tanpa disadari penelitian telah menggaungkan dampak berbahaya jika terus menggunakan sepatu hak tinggi.

Tanpa kita sadari ada beberapa efek samping jika secara berkelanjutan menggunakan sepatu hak tinggi. Memengaruhi pergelangan kaki, pinggang, dan otot punggung bagian bawah. Dampak berbahaya lainnya ialah memicuhammer toe, kondisi dimana jari akan akan bengkok secara permanen bahkan osteoarthritis.

Dikutip dari laman CNNIndonesia, Menurut studi yang bertajuk A Short Guide to A Long Life yang diterbitkan University of Southern California menambahkan daftar panjang dampak berbahaya jika terus menggunakan sepatu hak tinggi. Onkolog David seorang Pnulis studi juga mengungkapkan sepatu yang tidak nyaman dan melukai kaki  secara terus menerus dan akan menyebabkan peradangan.

Tulang yang dibawah jempol kaki terpaksa harus di menumpu beban saat kita sedang menggunakan sepatu hak tinggi. Bila hal itu terjadi sangat lama maka tulang akan mengalami peradangan yang memicu beberapa penyakit berbahaya yaitu alzheimer, jantung, bahkan kanker.

Bagi pengguna sepatu hak tinggi yang terlalu sering ternyata akan mengubah bentuk jari kita yang berbentuk seperti palu dan jari-jari kaki akan bengkok. Dr. David Agus seorang profesor pengobatan di University of Southern California menyampaikan bahwa peradangan, seperti pembengkakan pada sendi merupakan bagian dari proses penyembuhan alami dalam tubuh. Namun, peradangan tersebut dapat berubah kronis dan memberikan dampak berbahaya jika terjadi secara berkelanjutan.

Dr. David Agus mengatakan bahwa meskipun kanker dikarenakan adanya kerusakan pada gen, semua yang mampu merusak DNA dan menghambat penyembuhan alami tubuh dapat memicu risiko kanker.

Hal ini berkaitkan dengan peradangan kronis berkelanjutkan yang dapat menghambat kerja DNA untuk menyembuhkan peradangan.

Dr. David Agus menambahkan bahwa peradangan tersebut bukan hanya terjadi ketika menggunakan sepatu berhak tinggi saja, tapi berbagai macam sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki dan digunakan secara terus-menerus. salah satu kunci untuk menghindari peradangan tersebut sangat sederhana dengan menggunakan sepatu yang sesuai dan nyaman di kaki.

Dikutip Footwear News, David Agus menjelaskan bahwa sepatu yang nyaman digunakan ialah langkah ke arah yang benar untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius nanti.

Seperti yang Dr. David Agus sarankan jika kita ingin sehat maka hindarilah menggunakan sepatu hak tinggi, atau gunakan di acara khusus saja.

Apabila kalian mengalami keluhan seperti nyeri kaki atau punggung maka kalian harus segera mengistirahatkan dengan cara melepas sepatu hak tinggi selama 10 sampai 15 menit, dan jangan lupa untuk merendam kaki dengan air hangat. Hal ini untuk melemaskan otot-otot yang tegang.