Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Harga Diri

8 November 2023   12:36 Diperbarui: 8 November 2023   12:45 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa Itu Harga Diri 

Harga diri memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Menyadari nilai dan keterbatasan Anda membantu Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan berkembang, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Ini memungkinkan Anda membangun hubungan yang sehat dan mencapai tujuan Anda. Sebaliknya, harga diri yang rendah kemungkinan besar akan membahayakan kesejahteraan Anda sehari-hari. Untungnya, masih mungkin untuk mengerjakannya dan memperbaikinya.

Harga diri dapat didefinisikan sebagai hubungan antara siapa Anda dan apa yang Anda inginkan. Ini termasuk kepribadian dan penampilan fisik serta kehidupan emosional dan kesuksesan profesional. Nilai yang agak rapuh, harga diri Anda baik bila kedua variabel ini berada dalam keseimbangan yang baik. Namun hubungan ini tidak bersifat tetap dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Memiliki harga diri yang baik di tempat kerja sangat penting untuk stabilitas batin yang lebih baik. Anda lebih mampu mengetahui kemampuan dan keterampilan Anda. Demikian pula, Anda dapat lebih memahami rekan kerja Anda dan membangun hubungan yang konstruktif. Anda berhenti menunggu validasi dari orang lain dan berhasil membuat diri Anda didengar tanpa membenturkan tangan ke meja.

Mengingat pentingnya harga diri, mengikuti pelatihan harga diri memiliki banyak keuntungan. Pertama, ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan diri dan keyakinan diri. Dengan memupuk harga diri, Anda belajar memiliki kepercayaan diri, pada diri sendiri dan orang lain . Dengan rasa percaya diri, kita akan lebih mudah bertindak dan melakukan berbagai tindakan meski ada ketakutan dan hambatan.

Selain itu, harga diri yang baik diperlukan untuk mencapai tujuan Anda. Ketika Anda memiliki kepercayaan diri, Anda menegaskan diri sendiri dan berani. Dengan kata lain, penegasan diri tidak lain adalah harga diri dalam tindakan . Ini  memungkinkan Anda menerima diri sendiri dan bahagia. Hasilnya, Anda terbuka terhadap diri sendiri dan orang lain, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Untuk menerapkan metode yang tepat untuk meningkatkan harga diri di tempat kerja , penting untuk mengetahui apa saja isi harga diri yang baik agar penilaian diri Anda dapat dilakukan secara objektif. Pertama, Anda harus bisa mengidentifikasi dan menyebutkan kualitas dan kelemahan Anda, serta keterampilan Anda. Ini sangat penting dalam memperbaiki persepsi Anda tentang diri sendiri.

Tanda lain dari harga diri yang baik adalah otonomi. Ketika Anda memiliki harga diri yang positif, Anda mampu mengambil inisiatif dan menghadapi kesulitan yang muncul dalam hidup Anda, baik pribadi maupun profesional. Anda lebih mau memercayai orang lain dan bekerja sama sambil menegaskan ide-ide Anda. Akhirnya, Anda menyelesaikan konflik Anda dengan damai.

Dalam kehidupan pribadi Anda dan  di tempat kerja, penting untuk mengetahui cara menegaskan diri sendiri dan membuat diri Anda didengar. Namun, hal ini tidak boleh merugikan orang lain, jadi Anda perlu menemukan keseimbangan yang tepat dalam sikap Anda. Mengingat hal ini, pelatihan harga diri sangat membantu. Hal ini memungkinkan Anda memperoleh sikap tegas untuk mendorong pertukaran yang konstruktif dan saling menghormati.

Memiliki kemampuan bersikap asertif berarti Anda menemukan keseimbangan yang tepat dalam tindakan dan sikap Anda. Lebih khusus lagi, Anda harus tahu bagaimana bersikap tegas tanpa menunjukkan agresi. Anda  harus menunjukkan kebaikan tanpa menghambat diri sendiri. Dengan kata lain, Anda mencari kompromi yang menghormati hak-hak seluruh pemangku kepentingan dan tidak merugikan siapa pun, sehingga menciptakan dinamika positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun