Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Evoluasi Sosial

16 Oktober 2023   12:32 Diperbarui: 16 Oktober 2023   15:28 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apa Itu Evoluasi Sosial/dokpri

Evolusi sosial merupakan kelanjutan dari evolusi biologis. Perbedaannya adalah adanya pikiran, bahasa. Oleh karena itu, masyarakat dapat dipandang sebagai suatu sistem yang hidup dan rasional. Mesin evolusi sosial adalah pengetahuan. Perkembangan masyarakat ditentukan secara bilateral oleh faktor obyektif dan subyektif. Faktor objektif menentukan bentuk masyarakat, faktor subjektif menentukan isi. Masyarakat memiliki tiga subsistem   kesadaran sosial, ekonomi dan pemerintahan. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat bersifat kuantitatif (evolusioner) dan kualitatif (revolusioner). 

Spiral evolusi sosial diawali dengan revolusi kebudayaan yang secara konsisten mengubah hubungan ekonomi dan organisasi masyarakat, sehingga berujung pada munculnya peradaban. Kemunduran peradaban merupakan prasyarat munculnya revolusi kebudayaan baru. Dari sudut pandang ini umat manusia saat ini menghadapi perubahan dramatis   munculnya kesadaran sosial dan transisi dari struktur sosial hierarki ke organisasi horizontal. Tatanan Dunia Baru yang diusung oleh elit kekuasaan dan keuangan tidak mungkin dilaksanakan karena bertentangan dengan prinsip-prinsip evolusi sosial.

Umat manusia saat ini dihadapkan pada permasalahan global dan tantangan unik, yang sangat kompleks dan berkaitan langsung dengan kelangsungan hidup. Oleh karena itu, klarifikasi terhadap faktor-faktor struktural, prinsip-prinsip dan mekanisme pembangunan sosial menjadi sangat penting.

Masyarakat modern adalah puncak dari evolusi sosial, sama seperti otak manusia adalah puncak dari evolusi biologis. Ini adalah dua sistem yang paling kompleks dan paling sulit untuk dipelajari. Dapat diharapkan , dari sudut pandang sistemologis, mereka bersifat isomorfik, atau setidaknya mereka dibangun di atas beberapa prinsip umum yang menjadi ciri sistem hiper-kompleks.

Diskusi mengenai aspek filosofis pembangunan sosial harus fokus pada komponen struktural, prinsip dan keteraturan dasar evolusi sosial. Pengetahuan ini dapat memandu kita dalam proses sosial yang sedang berlangsung saat ini dalam transisi dari kapitalisme ke organisasi masyarakat pasca-kapitalis, serta menguraikan kontur masyarakat masa depan.

Situasi bermasalah. Selama dua abad terakhir, banyak konsep, teori dan paradigma telah diajukan untuk menjelaskan bagaimana masyarakat bekerja dan berkembang. Teori modern menawarkan model yang mengungkapkan hubungan antara struktur sosial, ekonomi, teknologi, nilai-nilai sosial, dll. Model dominan yang menjelaskan perkembangan masyarakat saat ini adalah determinisme ekonomi . Hal ini biasanya diterima sebagai "hukum sejarah yang tidak dapat disangkal". Determinisme ekonomi menerima keutamaan dan peran penentu ekonomi dalam kaitannya dengan budaya, politik, negara dan kemajuan umum dalam pembangunan masyarakat.

Sifat ekonomi yang menentukan tampak jelas. Kelangsungan hidup manusia dan masyarakat ditentukan oleh penyediaan pangan, sandang, dan papan yang dibentuk sebagai naluri tertingginya. Sepanjang pangan, sandang, dan perumahan merupakan suatu komoditi, maka penyediaan komoditi tersebut merupakan suatu kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, menurut determinisme ekonomi, hukum ekonomi menentukan evolusi sosial secara umum dan jalannya sejarah pada khususnya.

Determinisme ekonomi biasanya dikaitkan dengan Marxisme, namun gagasan serupa telah dikemukakan sebelum Marx, dan merupakan bagian integral dari banyak konsep yang jauh dari materialisme sejarah. Alasannya adalah peran ekonomi yang "jelas" terhadap kesejahteraan masyarakat, serta fakta  teori-teori ini muncul pada awal kapitalisme, yang sangat mempengaruhi pemikiran teoretis selama perkembangan dan keberadaannya.

Saat ini, peradaban Barat mendewakan ekonomi, sama seperti peradaban kuno mendewakan matahari, karena matahari adalah sumber kehidupan yang "jelas". Saat ini, dalam konteks pengetahuan dunia yang jauh lebih dalam, terdapat cukup alasan untuk memikirkan kembali, menantang dan bahkan menolak determinisme ekonomi sebagai pendorong sejarah manusia, jika ada pendorong lain yang kurang jelas namun nyata dalam evolusi sosial.

Evolusi sosial merupakan kelanjutan dari evolusi biologis. Perbedaan spesifik antara kedua bentuk tersebut terletak pada munculnya akal -- bahasa dan pemikiran dalam diri manusia. Dari sudut pandang sistemologis, masyarakat dapat dipandang sebagai suatu sistem yang hidup dan cerdas.  Oleh karena itu, sistem ini merupakan sistem yang mengatur dirinya sendiri dan mengatur dirinya sendiri. Di dasar pengorganisasian mandiri terdapat informasi  , seperti dalam semua sistem kehidupan, yang menentukan komponen objektif dalam pembangunan; di dasar manajemen diri terletak pengetahuan , yaitu informasi sadar dan menentukan komponen wajar dalam perkembangan masyarakat sebagai suatu sistem.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun