Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Dialog Socrates

9 Februari 2023   20:28 Diperbarui: 9 Februari 2023   20:35 854
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Socrates: Kebenaran, Kebaikan, dan Utilitas

Ada cerita terkenal tentang "tes tiga filter". Terkadang tentang Socrates dan di lain waktu tentang seorang sarjana Arab, tetapi kebenaran ceritanya sama. Ini dia:

Di Yunani kuno (469-399 SM), Socrates dipuji secara luas karena kebijaksanaannya.

Suatu hari filsuf besar Yunani bertemu dengan seorang kenalan yang berlari ke arahnya dengan penuh semangat dan berkata: "Socrates, tahukah Anda apa yang baru saja saya dengar dari salah satu murid Anda?

"Tunggu sebentar," jawab Socrates. "Sebelum kamu memberitahuku, aku ingin kamu lulus ujian kecil. Ini disebut Ujian Tiga: "Ujian Tiga?

"Itu benar," lanjut Socrates. "Sebelum Anda berbicara kepada saya tentang murid saya, mari luangkan waktu sejenak untuk menguji apa yang akan Anda katakan. Tes pertama adalah kebenaran. Sudahkah Anda benar-benar yakin apa yang Anda coba katakan kepada saya adalah kebenaran?

"Tidak," jawab pria itu, "sebenarnya, saya baru saja mendengarnya."

"Baiklah," kata Socrates. "Jadi kamu tidak begitu tahu apakah itu benar atau tidak. Sekarang mari kita coba ujian kedua, ujian kebaikan. Apakah yang ingin kamu ceritakan tentang muridku itu hal yang baik?"

"Tidak, justru sebaliknya..."

"Jadi," lanjut Socrates, "apakah Anda ingin menceritakan sesuatu yang buruk tentang dia, meskipun Anda tidak yakin apakah itu benar?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun