Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Teori Publik dan Private Hannah Arendt?

27 September 2022   08:24 Diperbarui: 27 September 2022   18:50 327 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa Itu Publik Dan Pribadi  Hannah Arendt?

Hannah Arendt (1906-1975), lahir di Hanover, Jerman, pada tahun 1906, satu-satunya anak Yahudi sekuler. Selama masa kanak-kanak, Arendt pindah pertama ke Knigsberg (Prusia Timur) dan kemudian ke Berlin. Pada tahun 1922-23, Arendt memulai studinya (dalam klasik dan teologi Kristen) di Universitas Berlin, dan pada tahun 1924 masuk Universitas Marburg, di mana ia belajar filsafat dengan Martin Heidegger.

Pada tahun 1925 ia memulai hubungan romantis dengan Heidegger, tetapi memutuskannya pada tahun berikutnya. Dia pindah ke Heidelberg untuk belajar dengan Karl Jaspers, filsuf eksistensialis dan teman Heidegger. Di bawah bimbingan Jasper, dia menulis disertasinya tentang konsep cinta dalam pemikiran St. Augustine. Dia tetap dekat dengan Jaspers sepanjang hidupnya,

Hannah Arendt adalah seorang filsuf politik abad kedua puluh yang tulisan-tulisannya tidak mudah disatukan menjadi filsafat sistematis yang menguraikan dan memperluas argumen tunggal atas serangkaian karya. Sebaliknya, pemikirannya mencakup totalitarianisme, revolusi, sifat kebebasan dan kemampuan berpikir dan menilai.

Pertanyaan yang paling sering melibatkan Arendt adalah sifat politik dan kehidupan politik, yang berbeda dari domain aktivitas manusia lainnya.

Karya Arendt, jika bisa dikatakan melakukan satu hal, pada dasarnya melakukan rekonstruksi sifat keberadaan politik. Pengejaran ini mengambil bentuk sebagai salah satu yang jelas fenomenologis, penunjuk pengaruh mendalam yang diberikan padanya oleh Heidegger dan Jaspers. 

Dimulai dengan prioritas fenomenologis dari karakter pengalaman kehidupan manusia dan membuang skema konseptual filsafat politik tradisional, Arendt pada dasarnya bertujuan untuk menyediakan struktur objektif dan karakteristik makhluk politik di dunia sebagai mode pengalaman manusia yang berbeda. Penyelidikan ini mencakup sisa hidup dan karya Arendt.

Selama perjalanannya, Munculnya tema-tema berulang yang membantu mengorganisir pemikirannyatema-tema seperti kemungkinan dan kondisi kehidupan publik yang manusiawi dan demokratis, kekuatan-kekuatan yang mengancam kehidupan seperti itu, konflik antara kepentingan pribadi dan publik, dan siklus produksi dan konsumsi yang intensif. 

Ketika isu-isu ini muncul kembali, Arendt menguraikannya dan menyempurnakannya, jarang melonggarkan penyelidikan tentang sifat keberadaan politik.

Segi paling terkenal dari penyelidikan ini, yang sering dianggap juga paling orisinal, adalah garis besar Arendt tentang fakultas penilaian manusia. Melalui ini, dia mengembangkan dasar di mana penilaian politik yang berpikiran publik dapat bertahan, terlepas dari peristiwa bencana abad ke-20 yang dia lihat telah menghancurkan kerangka tradisional untuk penilaian semacam itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan