Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Filsafat Komunikasi Dialogis Martin Buber (V)

20 September 2022   12:21 Diperbarui: 20 September 2022   12:48 365 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Filsafat Komunikasi Dialogis Martin Buber (V)

Martin Buber (1878/1965) adalah seorang penulis, cendekiawan, penerjemah sastra, dan aktivis politik yang produktif yang tulisannya kebanyakan dalam bahasa Jerman dan Ibrani berkisar dari mistisisme Yahudi hingga filsafat sosial, studi biblika, fenomenologi agama, antropologi filosofis, pendidikan, politik, dan seni. 

Yang paling terkenal di antara tulisan-tulisan filosofisnya adalah buku pendek tapi kuat I and Thou (1923) di mana hubungan kita dengan orang lain dianggap dua kali lipat. Hubungan aku-itu berlaku antara subjek dan objek pemikiran dan tindakan; hubungan Aku-Engkau , di sisi lain, diperoleh dalam pertemuan antara subjek yang melebihi kisaran relasi subjek-objek Cartesian. 

Meskipun awalnya direncanakan sebagai prolegomenon untuk fenomenologi agama, Aku dan Engkauterbukti berpengaruh di bidang lain, termasuk filsafat pendidikan. Karya Martin Buber tetap menjadi kunci utama antropologi filosofis kualitatif dan terus dikutip dalam bidang-bidang seperti psikologi filosofis, antropologi medis, dan teori pedagogis. 

Tulisan Buber tentang kebangkitan nasional Yahudi, Hasidisme, dan filsafat politik membuatnya menjadi tokoh utama abad kedua puluh dalam pemikiran Yahudi dan filsafat agama. 

Tulisan Buber yang ekstensif tentang dimensi politik historiografi biblika dan literatur nubuatan tidak hanya memberikan kontribusi pada sejarah agama tetapi juga pada diskusi kontemporer tentang teologi politik dengan kecenderungan anarkis. Terjemahannya, dengan Franz Rosenzweig, dari Alkitab Ibrani ke dalam bahasa Jerman tetap menjadi klasik dalam bahasa Jerman.

Buber adalah Wina akhir abad kesembilan belas, yang saat itu masih menjadi ibu kota kosmopolitan Kekaisaran Austro-Hongaria, sebuah konglomerat multietnis yang akhirnya runtuh (dalam Perang Dunia Pertama) secara efektif mengakhiri kekuasaan milenial para pangeran Katolik di Eropa. 

Fin-de-sicle Vienna adalah rumah bagi opera ringan dan musik neo-romantis yang berat, komedi boulevard gaya Prancis dan realisme sosial, represi dan penyimpangan seksual, intrik politik dan jurnalisme yang dinamis, kuali budaya yang dengan tepat ditangkap dalam The Man Without karya Robert Musil Kualitas ( Der Mann ohne Eigenschaften, 1930-1932).

Orang tua Buber, Carl Buber dan Elise ne Wurgast, berpisah ketika Martin berusia empat tahun. Selama sepuluh tahun berikutnya, dia tinggal bersama kakek-nenek dari pihak ayah, Solomon dan Adele Buber, di Lemberg (sekarang: Lviv/Ukraina) yang merupakan bagian dari apa yang disebut aristokrasi Yahudi bertanah. 

Solomon, seorang "penguasa Haskala lama" (" [ein] ... Meister der alten Haskala"; Buber 1906b, Dedication) yang menyebut dirinya "sebuah Pole of the Mosaic persuasion" (Friedman [1981], menghasilkan edisi modern pertama dari literatur midrash rabi namun juga sangat dihormati dalam komunitas Yahudi tradisional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan