Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo. CIFM
Prof. Dr. Apollo. CIFM Mohon Tunggu... Seniman - Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Atomisme Leucippus dan Parmenides

1 Agustus 2021   20:37 Diperbarui: 1 Agustus 2021   21:00 85 7 0 Mohon Tunggu...

Atomisme menunjuk pada salah satu tujuan pandangan dunia filosofis alam Yunani awal yang dimulai dengan Thales. Ketika para filsuf Yunani merenungkan apa yang pertama kali membentuk dunia, arche sebagai massa menjadi semakin pluralistik, sementara keberadaan tidak ada.Kami membuat perbedaan dan memperdalam pertimbangan kami tentang apa penyebab keberadaan keberadaan . Atomisme Leucippus dan Democritus sampai pada beberapa kesimpulan tentang masalah ini.

Pertama, mengenai komponen dunia sebagai faktor massa, Anaxagoras mengkhotbahkan pandangan dunia multidimensi melalui empat teori utama Empedocles, tetapi para atomis melanjutkan teori itu, dan dunia terdiri dari atom yang tak terhitung banyaknya. Leucippus, yang pertama kali menganut gagasan ini, hampir sezaman dengan Parmenides, seseorang yang lebih awal dari Anaxagoras, tetapi Democritus mengambil teori ini dan memposisikannya kembali dalam aliran pluralisme.

Tentang masalah ada dan tidak ada, Parmenides mengajukan aporia besar. Parmenides berpendapat  hanya ada sesuatu yang ada di dunia, dan sesuatu yang tidak ada adalah kontradiksi. 

Bagi orang Yunani, kekosongan bukanlah apa-apa, dan karena itu dianggap sebagai paradigma non-eksistensi, tetapi menurutnya, kekosongan yang tampaknya tidak ada apa-apanya di mata kita sebenarnya ada sebagai entitas.  Untuk membuktikannya, Parmenides menunjukkan ember kosong terbalik dan terjun ke air.

Parmenides mengambil teori itu lebih jauh dan menyangkal  itu dijelaskan oleh kata "terdiri", seperti kepunahan sebagai transisi dari keberadaan ke non-eksistensi, atau generasi sebagai transisi dari non-eksistensi ke eksistensi. Tidak ada yang namanya "terdiri" di dunia, yang ada hanyalah "menjadi". Apa yang tampak "terdiri" di mata kita tidak lebih dari hantu yang dibawa oleh indra. Murid Parmenides, Zeno, untuk memperkuat teori tuannya, berpendapat  proposisi terkenal  panah terbang tidak bergerak, dan menimbulkan tantangan bagi para filsuf.

Ahli atom, di sisi lain, berpendapat  dunia terdiri dari atom dan kekosongan. Atom adalah makhluk, dan kekosongan tidak ada. Atom adalah entitas yang tak terpisahkan sebagai makhluk, dan mereka tidak menghilang dari ketiadaan atau datang dari ketiadaan. Dalam pengertian itu, ia memiliki sifat yang sama dengan keberadaan Parmenides.

Dunia dapat dilihat sebagai wadah besar kekosongan yang mengandung atom yang tak terhitung banyaknya. Dan berbagai objek dan peristiwa terjadi ketika atom saling menempel dan terpisah satu sama lain. Ini adalah klaim kasar dari para ahli teori atom. Ada banyak hal yang tidak diketahui tentang Leucippus, dan beberapa orang berpikir  dia adalah karakter fiksi, tetapi Aristotle  menyebutkannya, dan tampaknya dia satu generasi setelah Parmenides. Ada teori  dia adalah orang Elea seperti Parmenides, tetapi kemungkinan besar dia adalah orang Miletus.

Leucippus tampaknya sangat dipengaruhi oleh Parmenides. Teori tersebut diperdalam sebagai upaya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Parmenides. Dengan kata lain, dia mungkin mencoba menghubungkan monisme Parmenides yang ditegaskan dengan pluralisme tradisional ilmu alam Ionia. Dengan kata lain, tampaknya merupakan upaya untuk mengintegrasikan pandangan dunia ideologis dengan berbagai fenomena yang muncul dalam indra.

Atom Leucippus berarti "atom," atau tidak dapat dibagi, dan mewarisi "satu" atau "penggenapan sempurna" Parmenides. Yang membuat Leucippus berbeda dari Parmenides adalah ia memunculkan kekosongan sebagai wadah atom ini. Dengan melakukan ini, Leucippus berusaha menjelaskan gerakan Atom dalam kehampaan dan keragaman dunia yang muncul dalam indera kita.

Democritus adalah sezaman dengan Socrates dan Sofis. Lahir di Abdera, Trakia. Thrace adalah tempat di mana Orphism berkembang dan memiliki warna timur yang kuat, tetapi Democritus adalah orang yang rasional yang mengalir melalui ilmu alam Ionia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x