Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo. CIFM
Prof. Dr. Apollo. CIFM Mohon Tunggu... Seniman - Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Keindahan?

3 Juli 2021   15:25 Diperbarui: 3 Juli 2021   15:58 152 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Keindahan?
Apa Itu Keindahan? || dokpri

Apa Itu Keindahan?

Siapa pun yang memikirkan keindahan harus kembali ke filsuf Immanuel Kant khususnya buku Critique of Practical Reason (Kritik atas Akal Budi Praktis). 

Menurut Kant, keindahan bukanlah properti objektif dari sesuatu, tetapi cara di mana hal-hal tertentu tampak kepada kita. Tapi tidak semua yang kita suka itu indah. 

Kant percaya  "kesenangan" harus "tidak tertarik": jika menyukai mawar karena itu adalah hadiah dari orang yang dicintai, atau menemukan penampilan seseorang menarik karena kita menginginkannya, maka minat terlibat. Kecantikan adalah "tujuan tanpa tujuan": keindahan tidak memenuhi tujuan eksternal, melainkan membentuk keseluruhan yang koheren dan harmonis yang tidak dapat ditambahkan atau dihilangkan.

Ketika   menunjuk sesuatu sebagai "indah", maka, menurut Kant, membuat klaim atas validitas umum. Kami berpura-pura  kecantikan adalah properti objektif dari segala sesuatu dan berdebat tentang masalah estetika. 

Tapi bisakah penilaian estetika dibenarkan sama sekali? Kant dan banyak filsuf setelahnya berpikir demikian adanya. Namun, tidak dengan menarik kesimpulan dari prinsip-prinsip estetika, tetapi melalui referensi dan perbandingan yang konkret:  Tidakkah   melihat  gambar itu menggantung terlalu rendah? Sepertinya akan jatuh. 

Melalui perbandingan seperti itu,  menunjukkan kepada lawan bicara perspektif baru dan membiarkan dia melihat objek seperti yang kita lihat sendiri. Sebagai aturan, dia kemudian akan dapat memahami penilaian. Tapi tidak selalu. Seleranya diketahui berbeda. Atau apakah ada hal-hal yang disukai semua orang?

Hampir semua orang menyukai tubuh muda dan simetris,  lanskap seperti sabana, bahu lebar dan rahang bawah yang menonjol pada pria dan rasio pinggang-pinggul pada wanita yang kurang dari 0,75. Menurut psikolog evolusioner, preferensi estetika ini adalah bawaan dan produk evolusi. 

Ambillah lanskap sabana: Nenek moyang kita bertahan, menurut psikologi evolusioner, karena   menemukan lanskap indah yang cocok untuk bertahan hidup, yang menawarkan perlindungan, air, makanan, dan peluang berburu - sama seperti sabana.  Dan mengapa   menemukan orang-orang muda yang simetris dan menarik? 

Dari sudut pandang biologis, asimetri merupakan indikator penyakit dan defisit kebugaran biologis.Dan usia tua mencegah prokreasi. Jadi, jika   berpikir tubuh tua atau asimetris itu indah, gen   akan lebih mudah mati: Entah  tidak memiliki keturunan atau   kurang cocok untuk bertahan hidup.

Orang-orang selalu mencoba melacak hukum kecantikan. Simetri   adalah favorit teratas untuk waktu yang lama. Lalu ada variasi, kompleksitas dan intensitas, kemudian hukum Gestalt dan baru-baru ini "Sepuluh Perintah Kecantikan" oleh ahli saraf India Vilayanur Ramachandran;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN