Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Analisis Novel Franz Kafka

7 Juni 2021   08:30 Diperbarui: 7 Juni 2021   08:37 159 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Analisis Novel Franz Kafka
DOKPRI ||

Franz Kafka 

Proses adalah sebuah novel  belum selesai yang ditulis oleh Franz Kafka pada kurun waktu tahun 1914 hingga 1915 dan diterbitkan oleh Max Brod pada tahun 1925. Salah satu karya Kafka yang paling terkenal yang menceritakan kisah Joseph K.  Novel Franz Kafka Der Proces telah ditafsirkan dalam beberapa cara dalam studi sastra. Karya itu dilihat, antara lain, sebagai ekspresi ide-ide religius atau filosofis; penafsir lain, pada gilirannya, menafsirkan novel berdasarkan biografi penulis. Masing-masing cara interpretasi yang memungkinkan ini mengarah pada hasil yang berbeda dan membuka aspek baru bagi pembaca.

Dalam konteks karya ini, proses tersebut dibaca berdasarkan teori psikoanalis Prancis Jacques Lacan (1901-1981). Membaca teks dengan Lacan berarti bergerak ke bidang teori sastra psikoanalitik. Atas dasar konsep inti Lacan tentang simbolik, imajiner dan nyata, harus ditunjukkan  Kafka secara khusus adalah seorang penulis yang nyata.

Yang nyata dalam pengertian Lacan terkadang berarti kekuatan yang tak terbatas dan menakutkan. Menurut maknanya, yang nyata adalah yang 'mustahil' atau 'traumatik'. Dalam efeknya, yang nyata memiliki efek besar pada subjek, yang interior dan eksteriornya pada saat yang sama. kualitas-kualitas ini adalah yang ditandai oleh pengadilan tinggi 'dalam Proses Kafka. Ranah real dengan demikian ditempati oleh aparatus kekuasaan dari sebuah contoh yang akan terbukti tidak dapat diakses oleh Josef K. sebagai 'hakim tinggi' sebagai wakil tertingginya.

Untuk protagonis, pengadilan hanya dapat dialami melalui banyak mediatornya - karena pegawai negeri, Leni, tukang cuci, pelukis Titorelli dan pendeta adalah perwakilan dari pengadilan. Tapi bagaimana tych mengekspresikan dirinya untuk Josef K., yaitu pertemuannya dengan kekuatan yang sebenarnya? Singkatnya: kebalikan dari segala sesuatu yang merupakan proses hukum (realistis) dalam arti negara hukum.  dia tidak berurusan dengan "persidangan di depan pengadilan biasa" adalah sesuatu yang K. dapat rasakan dari fakta  prosedur pengadilan bertentangan dengan logika, tetapi didasarkan pada hubungan pribadi;  pengadilan tidak memberikannya hak pembelaan resmi;  K. tidak mengetahui alasan dakwaannya; akhirnya:  dia akan dieksekusi tanpa mengumumkan penghakiman.

Sejauh menyangkut manifestasi yang nyata, dua konsep delimitasi memainkan peran penting dalam proses tersebut , yaitu di satu sisi konsep hal dan di sisi lain konsep kenikmatan . Karena dalam psikoanalisis Lacan, ranah dari simbolisasi yang nyata menghindari simbolisasi dan kedua istilah ini dengan demikian terhubung dengan kehadiran yang kaku, izek menyimpulkan  dunia novel Kafka mewakili "alam semesta ketakutan, karena "apa yang menyebabkan ketakutan bukanlah kekurangan itu. objek, tetapi terlalu dekat dan mengakibatkan hilangnya kesenangan. " Ini diikuti oleh analisis manifestasi nyata yang paling menonjol dalam proses .

Kehadiran pengadilan yang menjijikkan mengalir di sepanjang novel dan mengungkapkan ketidakberdayaan K terhadap pengadilan. Sebagai kekuatan nyata, pengadilan secara bertahap merambah tidak hanya ke bidang kehidupan yang penting bagi K. pribadi, seperti apartemennya atau bank. Sebaliknya, pasal katedral menunjukkan  tidak ada jalan keluar dari pejabat pengadilan, bahkan di tempat-tempat suci gereja. Real menembus ruang alam atau pinggiran kota, seperti yang dibuktikan oleh eksekusi K di tambang.

Penting di sini  proses meninggalkan transisi antara dunia kehidupan dan alam hukum - dan dengan demikian antara alam simbolis dan nyata - terbuka seluruhnya. [7]Ini diilustrasikan sekali lagi oleh fakta  kantor pengadilan dan studio pelukis pengadilan Titorelli terletak di loteng gedung apartemen yang rusak. Apa yang akibatnya tampak tidak berbahaya di luar pada awalnya ternyata sudah diresapi dengan kenyataan di dalam.

Namun, kehadiran yang nyata yang menjijikkan tidak hanya terikat pada tempat yang paling beragam, tetapi pada fisik, sehingga orang dapat berbicara tentang tubuh yang sebenarnya dalam kaitannya dengan pejabat pengadilan.   Pengaruh fisik yang nyata selalu terungkap ketika K. bersentuhan langsung dengan pejabat pengadilan, yaitu ketika pejabat pengadilan hadir secara langsung.dan dengan demikian pelanggaran keintimannya tampak sangat besar.

Jadi terjadilah saat penangkapan pagi K  perut penjaga kedua  secara resmi bersahabat dengannya   [mendorong], tetapi dia melihat ke atas, lalu melihat wajah kurus kering yang sama sekali tidak cocok dengan tubuh gemuk ini, dengan hidung yang kuat menghadap ke samping, yang berkomunikasi dengan penjaga lain di atasnya. Deskripsi dua algojo di akhir novel analog dengan ini. Mereka "pucat dan gemuk". "muak dengan kebersihan wajah mereka. Saat petugas pengadilan membawa K. di antara tubuh mereka sendiri dalam perjalanan ke tambang, petugas sekarang begitu hadir secara fisik untuk K. sehingga ketiga orang itu bergabung menjadi "satuan yang hampir hanya dapat dibentuk menjadi benda mati". Pada akhirnya, K. benar-benar dikelilingi oleh yang nyata suatu keadaan yang, menurut Lacan, mengakibatkan kematian subjek.  

Jika istilah jouissance digunakan dalam konteks teori Lacan, maka istilah ini tidak ada hubungannya dengan kesenangan seperti itu, tetapi berarti intrusi kekerasan. Milik alam nyata, ada sesuatu yang berlebihan, bahkan traumatis tentang kenikmatan idiot. Karena delimitasi ini, Lacan membawa konsep jouissance sehubungan dengan apa yang disebut "eksistensi" subjek: subjek menikmati, tetapi tidak tahu apa-apa tentangnya. Percobaan Kafkaakhirnya menawarkan contoh  keadaan ketidaktahuan atau berada di luar diri sendiri dapat mempengaruhi kedua jenis kelamin; karena di sini orang menemukan kesenangan konyol baik dengan pejabat laki-laki pengadilan maupun dengan klien perempuannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x