Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa itu "Pencerahan?" Jawaban Kantian, Hegelian

3 April 2021   09:25 Diperbarui: 3 April 2021   09:35 132 11 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa itu "Pencerahan?" Jawaban Kantian, Hegelian
Dokpri 2012//

Apa itu Pencerahan Menurut Kantian,  Hegelian; tulisan ini ingin memberikan  gambaran pengertian Pencerahan menurut Immanuel Kant (1724/1804), Georg Wilhelm Friedrich Hegel [1770/1831], atau dalam tulisan ini saya singkat menjadi {"KH" dari nama 'Kantian, Hegelian'}.  Fokus tulisan ini adalah sudut pandang pada kondisi yang diperlukan untuk munculnya klarifikasi pada sesuatu atau berdasarkan rasional dan fakta [rasionalisme_empirisme]. Selain itu, faktor-faktor yang diperlukan untuk pelestarian dan transmisi Pencerahan versi  ["KH"]. Kemudian pemahaman masing-masing Kant dan Hegel tentang konsep Pencerahan dibandingkan satu sama lain dan persamaan serta perbedaan disajikan secara singkat. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengurangi kelimpahan kebermaknaan dari karya-karya ["KH"] sebagai gambaran umum untuk pemahaman yang esensial dan dapat dipahami tentang konsep Pencerahan menurut Kant dan Hegel ["KH"].

 Kondisi Prasyarat Pencerahan  menurut Immanuel Kant,  pentingnya pencerahan bagi setiap individu. Menurut Kant, kedewasaan berarti bisa menggunakan pemahaman sendiri tanpa bantuan orang lain. Berpikir untuk diri sendiri atau dapat mengakses pengetahuan anda sendiri berarti, pada gilirannya, berorientasi sedemikian rupa sehingga anda dapat menemukan jalan di seluruh dunia secara mandiri dalam batas-batas kekayaan anda sendiri.

dokpri//
dokpri//

Hanya mereka yang dapat mengorientasikan dirinya dalam lingkungannya dan berpikir secara mandiri yang dapat bergerak dengan bebas atau bertindak dengan bebas. Seseorang bertindak bebas, asalkan dia memutuskan tindakan ini atau itu atas usahanya sendiri. Kebebasan untuk menggunakan alasan seseorang harus diberikan dengan cara yang tidak dibatasi. Alasan dalam pengertian Kantian adalah kemampuan kognitif atas yang komponen pengetahuannya sendiri "harus digabungkan menjadi keseluruhan pengetahuan yang mandiri, yang hanya mungkin dengan melampaui pengalaman.

Menurut Kant, pengalaman yang melebihi diperlukan untuk kemajuan pencerahan, untuk memperluas atau, jika perlu, meningkatkan pengetahuan sebelumnya, dan ,  atau, jika perlu, untuk menghilangkan kesalahan dengan cara ini. Ini berlaku baik untuk sains dan untuk semua orang dalam konteks kehidupan pribadi mereka. Dalam sains khususnya, oleh karena itu sangat penting, jika perlu, kritik publik dibuat, misalnya pengetahuan yang sudah mapan, seperti undang-undang, atau regulasi.

Bahkan di luar bidang keilmuan, pengembangan pribadi bebas yang wajar harus dimungkinkan bagi setiap orang agar dapat beranjak dewasa. Ini berarti bahwa setiap individu harus diberi kesempatan untuk mencoba bekerja dari ketidakdewasaan mereka, untuk belajar berpikir dan bertindak bebas dan, paling banter, menjadi cukup berani untuk menggunakan pemahaman mereka sendiri, atau  dalam pengertian Kant. Kata-kata: "Sapere aude". Kata ini memiliki makna adalah frase Latin yang berarti "Berani tahu"; dan secara longgar diterjemahkan sebagai "Berani untuk mengetahui sesuatu", atau sebagai "Berani menjadi bijak";

Sedangkan Prasyarat menurut Georg Wilhelm Friedrich Hegel, diperlukan untuk pencerahan yang makmur bagi setiap orang. Menurut Hegel, integrasi kesalahan; maka semua kesalahan diperlukan untuk proses klarifikasi. Ini adalah komponen yang tidak dapat dihindari dari proses pembelajaran dan prasyarat untuk pendidikan yang sukses. Pengetahuan dan dengan demikian orientasi diciptakan dalam proses pembelajaran dan penelitian.

Dokpri//
Dokpri//

Dengan demikian, pengetahuan tentang realitas ditentukan. Dengan demikian, kepercayaan ,  takhayul,  mitos,  harus dimasukkan dalam perkembangan Pencerahan. Hal ini mengarah pada pengembangan kualitatif lebih lanjut dari proses pendidikan sejauh tidak dipersingkat dengan disintegrasi faktor-faktor yang menghambat munculnya proses pendidikan. Faktor-faktor inilah yang memperkaya proses ini dengan perspektif tambahan dan memungkinkan pengetahuan lebih lanjut diperoleh.

Pandangan tersebut diperkuat oleh Hegel yang berpendapat bahwa Pencerahan memperoleh isi, dan hanya isi dengan objek yang bersangkutan. Hal ini untuk menunjukkan bahwa klarifikasi hanya dapat berlangsung jika diperkaya dengan masalah, objek dan tercermin dalam proses klarifikasi. Penting  untuk melihat secara kritis jalan Pencerahan dan pengetahuan yang muncul darinya.

Artinya, pengetahuan yang dihasilkan dari Pencerahan harus direfleksikan secara kritis atau kritis terhadap diri sendiri. Sedemikian rupa kondisi optimal untuk munculnya pengintaian diciptakan.  

Jenis proses pencerahan ini  mengarah pada orientasi yang masuk akal, karena proses pengembangan kebenaran atau perolehan pengetahuan tidak terjadi secara sepihak, pertimbangan kritis tidak hanya diarahkan pada kondisi yang kondusif bagi munculnya pencerahan. Ini menunjukkan karakter umum atau mencakup semua dari konsep Pencerahan. Menurut Hegel, pencerahan bersifat umum.  

Untuk melestarikan karakter umum pemahaman pencerahan ini, orang-orang perlu mengabdikan diri pada penentuan pengetahuan serta pengujian pengetahuan dalam komunitas dan sebagai pertukaran satu sama lain. Jika tidak, akan ada bahaya bahwa Pencerahan akan merosot menjadi obrolan yang tidak direfleksikan dan adopsi pengetahuan dan kepercayaan tradisional dan dogmatis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN