Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Descartes: Sifat Pikiran Manusia Lebih Mudah Dikenal Dibandingkan Tubuh

24 Mei 2020   01:14 Diperbarui: 24 Mei 2020   01:05 388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kajian Literatur Rene Descartes (1596-1650)

Rene Descartes: "Sifat Pikiran Manusia;Lebih Mudah Dikenal daripada Tubuh"

Rene Descartes (1596-1650) adalah ahli matematika yang kreatif dari orde pertama, pemikir ilmiah penting, dan ahli metafisika asli. Selama hidupnya, ia adalah ahli matematika pertama, ilmuwan alam atau "filsuf alam" kedua, dan ketiga ahli metafisika. Dalam matematika, ia mengembangkan teknik yang memungkinkan geometri aljabar (atau "analitik"). 

Dalam filsafat alam, ia dapat dikreditkan dengan beberapa pencapaian spesifik: co-framer dari hukum sinus refraksi, pengembang akun empiris penting pelangi, dan pengusul akun naturalistik dari pembentukan bumi dan planet-planet (pendahulu dengan hipotesis nebular). 

Lebih penting lagi,   menawarkan visi baru tentang dunia alami yang terus membentuk pemikiran kita hari ini: dunia materi yang memiliki beberapa sifat dasar dan berinteraksi menurut beberapa hukum universal. Dunia alami ini termasuk pikiran tidak berwujud yang, dalam manusia, berhubungan langsung dengan otak; dengan cara ini, Descartes merumuskan versi modern dari masalah pikiran-tubuh. Dalam metafisika, ia memberikan argumen untuk keberadaan Tuhan, untuk menunjukkan bahwa esensi materi adalah perluasan, dan bahwa esensi pikiran adalah pemikiran. Descartes mengklaim sejak awal memiliki metode khusus, yang dipamerkan dalam berbagai matematika, filsafat alam, dan metafisika, dan yang, di bagian akhir hidupnya, termasuk, atau ditambah dengan, metode keraguan.

Dalam Wacana Tubuh, dan Jiwa {pikiran] , Descartes mempresentasikan argumen berikut untuk menetapkan bahwa pikiran dan tubuh adalah substansi yang berbeda: Selanjutnya saya memeriksa dengan seksama apa saya. Saya melihat bahwa sementara saya bisa berpura-pura bahwa saya tidak memiliki tubuh dan bahwa tidak ada dunia dan tidak ada tempat bagi saya untuk berada, saya tidak dapat untuk semua yang berpura-pura bahwa saya tidak ada. Saya melihat sebaliknya bahwa dari fakta bahwa saya berpikir untuk meragukan kebenaran hal-hal lain, itu mengikuti dengan sangat jelas dan pasti bahwa saya ada; sedangkan jika saya berhenti berpikir, bahkan jika segala sesuatu yang pernah saya bayangkan adalah benar, saya seharusnya tidak memiliki alasan untuk percaya bahwa saya ada. Dari sini saya tahu bahwa saya adalah substansi yang seluruh esensi atau sifatnya hanya untuk dipikirkan, dan yang tidak memerlukan tempat, atau bergantung pada hal materi apa pun, untuk eksis

Meditasi  telah memenuhi pikiran  saya [Descartes] dengan banyak keraguan,   tidak lagi dalam kekuatan  saya [Descartes] untuk melupakan mereka. Sementara itu,  saya [Descartes]  tidak melihat prinsip apa pun di mana mereka dapat diselesaikan; dan, seolah-olah  saya [Descartes] telah jatuh tiba-tiba ke dalam air yang sangat dalam,  saya [Descartes] sangat bingung sehingga tidak dapat menanam kaki  saya [Descartes] dengan kuat di bagian bawah atau menopang diri  saya [Descartes] dengan berenang di permukaan. Akan tetapi,  saya [Descartes] akan berusaha, dan mencoba lagi jalan yang sama yang telah  saya [Descartes] masuki kemarin, yaitu, melanjutkan dengan menyingkirkan semua yang mengakui keraguan sekecil apa pun, tidak kurang dari jika  saya [Descartes] telah menemukan itu benar-benar salah; dan  saya [Descartes] akan selalu melanjutkan di jalur ini sampai  saya [Descartes] akan menemukan sesuatu yang pasti, atau setidaknya, jika  saya [Descartes] tidak dapat melakukan lebih, sampai  saya [Descartes] akan tahu dengan pasti   tidak ada yang pasti. Archimedes, agar ia dapat mengangkut seluruh bola dunia dari tempat yang didudukinya ke tempat lain, hanya menuntut satu titik yang tegas dan tak tergoyahkan; jadi, juga,  saya [Descartes] berhak untuk memenuhi harapan tertinggi, jika  saya [Descartes] cukup beruntung untuk menemukan hanya satu hal yang pasti dan tidak dapat dielakkan.

 Saya [Descartes] kira, dengan demikian,   semua hal yang  saya [Descartes] lihat adalah palsu (fiktif); dan  saya [Descartes] percaya   tidak ada objek yang diwakili oleh ingatan keliru  saya [Descartes] pernah ada;  saya [Descartes] kira   tidak memiliki indera;  saya [Descartes] percaya   tubuh, figur, ekstensi, gerakan, dan tempat hanyalah fiksi pikiran saya. Lalu apa yang ada di sana yang bisa dihargai benar; Mungkin ini saja,   sama sekali tidak ada yang pasti.

Tetapi bagaimana  saya [Descartes] tahu   tidak ada sesuatu yang berbeda sama sekali dari benda-benda yang sekarang telah  saya [Descartes] sebutkan, yang tidak mungkin untuk menghibur keraguan sekecil apa pun; Apakah tidak ada Tuhan, atau makhluk, dengan nama apa pun yang  saya [Descartes] pilih, yang menyebabkan pikiran-pikiran ini, muncul dalam pikiran saya; Tetapi mengapa anggap makhluk seperti itu, karena mungkin  saya [Descartes] sendiri yang mampu menghasilkan mereka; Apakah aku, setidaknya, bukan sesuatu; Tetapi  saya [Descartes] sebelumnya menyangkal    saya [Descartes] memiliki indera atau tubuh;  saya [Descartes] ragu, bagaimanapun, untuk apa setelah itu;

Apakah  saya [Descartes] sangat bergantung pada tubuh dan indra sehingga tanpa ini  saya [Descartes] tidak bisa eksis; Tetapi  saya [Descartes] memiliki keyakinan   sama sekali tidak ada apa pun di dunia ini,   tidak ada langit dan tidak ada bumi, tidak ada pikiran atau tubuh; bukankah saya, karena itu, pada saat yang sama, meyakinkan    saya [Descartes] tidak ada; Jauh dari itu;  saya [Descartes] benar-benar ada, karena  saya [Descartes] dibujuk. Tapi tidak ada yang tahu, siapa yang memiliki sekaligus kekuatan tertinggi dan kelicikan terdalam, yang terus-menerus menggunakan semua kecerdikannya dalam menipu saya.   

Tidak diragukan lagi, kalau begitu,  saya [Descartes] ada, karena  saya [Descartes] tertipu; dan, biarkan dia menipu  saya [Descartes] semampunya, dia tidak akan pernah bisa mewujudkannya    saya [Descartes] bukan apa-apa, asalkan  saya [Descartes] akan sadar    saya [Descartes] adalah sesuatu. Sehingga sebagian besar, baik-baik saja, dipertahankan, semua hal dipertimbangkan dengan matang dan hati-hati,   proposisi (pronunciatum) ini saya,  saya [Descartes] ada, tentu benar setiap kali diungkapkan oleh saya, atau dikandung dalam pikiran saya.

Tetapi  saya [Descartes] belum tahu dengan cukup jelas siapa saya, meskipun yakin   saya; dan karenanya, di tempat berikutnya,  saya [Descartes] harus berhati-hati, agar tidak ada kesempatan,  saya [Descartes] secara tidak sengaja mengganti beberapa objek lain di ruangan yang benar-benar milik saya, dan dengan demikian mengembara dari kebenaran, bahkan dalam pengetahuan (kognisi) yang  saya [Descartes] pegang dari semua yang lain. yang paling pasti dan jelas. Untuk alasan ini, sekarang  saya [Descartes] akan mempertimbangkan lagi apa yang sebelumnya  saya [Descartes] yakini sebagai diri  saya [Descartes] sendiri, sebelum  saya [Descartes] masuk pada jalur pemikiran saat ini; dan menurut pendapat  saya [Descartes] sebelumnya,  saya [Descartes] akan mengurangi semua yang paling tidak dapat dibatalkan dengan dasar keraguan yang telah  saya [Descartes] kemukakan, agar tidak ada yang tersisa kecuali apa yang pasti dan tidak dapat dielakkan. Lalu apa yang  saya [Descartes] pikir sebelumnya; Tidak diragukan lagi  saya [Descartes] menilai  diri  saya [Descartes] adalah laki-laki. Tetapi apakah laki-laki itu; Haruskah  saya [Descartes] mengatakan binatang yang rasional; Pastinya tidak; karena itu perlu segera untuk menyelidiki apa yang dimaksud dengan hewan, dan apa dengan rasional, dan dengan demikian, dari satu pertanyaan,  saya [Descartes] harus meluncur ke orang lain, dan ini lebih sulit daripada yang pertama;  saya [Descartes]  sekarang tidak punya cukup waktu luang untuk menjamin  saya [Descartes] membuang-buang waktu  saya [Descartes] di tengah kehalusan seperti ini.  saya [Descartes] lebih suka di sini untuk memperhatikan pikiran-pikiran yang muncul dari diri mereka sendiri dalam pikiran saya, dan terinspirasi oleh sifat  saya [Descartes] sendiri, ketika  saya [Descartes] menerapkan diri pada pertimbangan tentang siapa  saya [Descartes] sebenarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun