Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Seorang Kantian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Mitos Yunani Kuna Ulysses dan Fenomena IKN

20 Januari 2020   10:45 Diperbarui: 20 Januari 2020   10:52 15 1 0 Mohon Tunggu...
Mitos Yunani Kuna Ulysses dan Fenomena IKN
Dokumentasi pribadi

Mitos Yunani Kuna Ulysses dan Fenomena IKN 

Berita pada KOMPAS.TV. Presiden Joko Widodo menargetkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk pindah ke Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur pada tahun 2024. Jokowi tegaskan, pemindahan PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dilakukan serentak. "Pindah semuanya langsung," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Namun Jokowi  meminta Kementerian PAN-RB untuk mendata PNS yang saat ini berada di DKI Jakarta. Ia juga meminta Kemen PAN-RB melakukan survei terhadap PNS yang tidak mau pindah. "Itu sudah kita perintahkan kepada Menpan untuk menyurvei dulu kira-kira yang ingin nggak pindah berapa persen. Kita harus tahu dong," jelasnya.

Sementara dari sisi perencanaan, ia mengatakan sejauh ini perpindahan PNS masih sama dengan rencana awal yang sudah dirancang Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, yaitu mulai 2024. Hal ini menyusul rencana konstruksi mulai akhir 2020 dan selesai setidaknya pada 2023.

Bagimana memahami Berita pada KOMPAS.TV Presiden Joko Widodo menargetkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk pindah ke Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur pada tahun 2024.

Saya meminjam rerangka pemikiran Sindrom Ulysses, dikenal sebagai Immigrant Syndrome of Chronic and Multiple Stress, bermanifestasi pada orang - orang yang meninggalkan rumah mereka untuk berimigrasi ke tempat baru  dalam kasus Indonesi adalah pada gejala IKN {"Ibu Kota Negara"} di Kalimantan Timur. Ini lebih dari kesedihan khas yang dialami orang ketika mereka menemukan diri mereka di tempat yang asing.

Ulysses' adalah referensi ke karakter utama Odyssey, yang mengalami kesulitan ketika dia meninggalkan rumahnya. Sindrom ini bermanifestasi pada imigran dan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti kecanduan dan gangguan lainnya.

Ulysses adalah bentuk Latin dari nama Odysseus, pahlawan dari puisi epos Yunani Homer The Odyssey. The Odyssey adalah salah satu karya sastra klasik terbesar dan merupakan salah satu dari dua puisi epik yang dikaitkan dengan Homer.

Kisah Pengembaraan; Kisah The Odyssey dimulai di tengah. Ulysses telah pergi selama hampir 20 tahun, dan putranya, Telemakus, sedang mencarinya. Dalam perjalanan dari empat buku pertama, kita belajar bahwa Odiseus masih hidup.

Dalam empat buku kedua, kami bertemu Ulysses sendiri. Kemudian, dalam buku 9-14, kita mendengar petualangannya yang mengasyikkan selama "pengembaraan" atau perjalanannya. Ulysses menghabiskan 10 tahun untuk mencoba pulang ke Ithaca setelah Yunani memenangkan Perang Troya.

Dalam perjalanan pulang, Ulysses dan anak buahnya bertemu berbagai monster, enchanter, dan bahaya. Ulysses dikenal karena kelicikannya, yang ia gunakan ketika anak buahnya terjebak di gua Cyclops Polyphemus. Namun, trik Ulysses, yang mencakup Polyphemus yang menyilaukan, menempatkan Ulysses di sisi buruk ayah Cyclops, Poseidon (atau Neptunus dalam versi Latin).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN