Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Wadian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Herder Episteme Sejarah Manusia [6]

15 Januari 2020   16:15 Diperbarui: 15 Januari 2020   16:32 7 0 0 Mohon Tunggu...
Herder Episteme Sejarah Manusia [6]
dokumen pribadi

Episteme  Filsafat Sejarah Manusia Herder [6]

Johann Gottfried Herder pada buku Pertama bagian 6:  Planet yang kita huni adalah batuan bumi yang menjulang di atas permukaan air

Pemandangan sederhana dari peta dunia menegaskan hal ini. Ini adalah rantai penjamin yang tidak hanya memotong tanah padat, tetapi yang tampaknya berdiri sebagai kerangka di mana tanah itu dibentuk. 

Di Amerika, gunung-gunung telah lama berlari di tepi barat melalui tanah genting. Melintasi cara negara menggambar; di mana ia melangkah di tengah, negara itu melebar; sampai hilang di daerah yang tidak diketahui melalui New Mexico. 

Mungkin tidak hanya lebih tinggi di sini ke Pegunungan Elias, tetapi terhubung lebar dengan beberapa, terutama Pegunungan Biru, seperti di Amerika Selatan, di mana negara itu melebar, pegunungan membentang ke utara dan timur. Jadi Amerika, bahkan dalam bentuknya, adalah bentangan bumi, tergantung di gunung-gunungnya dan, seolah-olah, meratakan di bawahnya, atau lebih kasar.

Tiga bagian dunia lainnya memberikan pandangan gabungan, karena luasnya mereka pada dasarnya hanya satu bagian dari dunia; Namun, mudah dikenali di antara mereka penindasan Asia adalah suku penjamin, yang tersebar di bagian dunia ini dan di Eropa, mungkin di Afrika, setidaknya di bagian atasnya. 

Atlas adalah perpanjangan dari gunung-gunung Asia, yang hanya bertambah tinggi di tengah-tengah negara dan cenderung mengikat pegunungan bulan melalui deretan pegunungan di Sungai Nil. Masa depan harus mengajarkan apakah tebing bulan dan bulan ini benar-benar luar biasa. Ukuran negara dan beberapa berita yang terpecah-pecah seharusnya memberi kesan; Namun, kecilnya proporsi dan kecilnya sungai-sungai di bentangan bumi ini, yang diketahui oleh kita, tampaknya belum memutuskan tingginya adalah sabuk sejati bumi  seperti Ural Asia atau Cordilleras Amerika. 

Cukup, di bagian dunia ini, juga, negara ini rupanya berbentuk pegunungan. Semua rutenya paralel dengan cabang-cabang pegunungan; di mana ini menyebar dan bercabang, negara-negara menyebar. Ini berlaku untuk pra-kaki bukit, pulau-pulau, dan semenanjung: negara ini merentangkan lengan dan anggota tubuhnya saat kerangka pegunungan membentang; karena itu hanya massa yang beragam, terbentuk di atasnya dalam berbagai lapisan dan lapisan bumi, yang akhirnya menjadi layak huni.

Jadi, penting untuk menyampaikan kepada penjaga pertama tentang bagaimana bumi seharusnya berdiri sebagai tanah permanen; mereka tampaknya, seolah-olah, inti lama dan penopang bumi, di mana air dan udara hanya menempatkan beban mereka sampai tempat penanaman organisasi akhirnya turun dan diratakan. 

Rantai gunung tertua ini tidak dapat dijelaskan dengan mengayunkan bola, mereka tidak berada di daerah khatulistiwa di mana ayunan bola paling besar; mereka bahkan tidak berjalan sejajar dengan itu, melainkan pegunungan Amerika langsung melewati garis khatulistiwa. Karena itu kita tidak boleh menjelaskan hubungan matematis ini di sini, karena bahkan pegunungan tertinggi dan pegunungan melawan massa bola tidak ada artinya dalam gerakan mereka. 

Saya tidak berpikir itu akan menjadi hal yang baik untuk menggantikan kesamaan dengan garis khatulistiwa dan garis meridian atas nama rantai gunung, karena tidak ada hubungan nyata antara keduanya dan ketentuan karena itu akan lebih menyesatkan. Itu tergantung pada bentuk asli mereka, produksi dan perluasan, pada tinggi dan luasnya mereka, singkatnya, pada hukum fisik alam , yang menjelaskan pembentukan mereka dan dengan itu pembentukan tanah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x