Mohon tunggu...
Bakungan Goodday
Bakungan Goodday Mohon Tunggu... -

seorang anak manusia yang masih perlu banyak belajar akan arti kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Apa yang dijanjikan agama-agama besar dunia?

4 Januari 2013   10:56 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:31 475
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

selama ini saya sering berdiskusi lintas agama, dari hasil diskusi itu saya simpulkan agama-agama itu sebagai berikut :

1. Agama Kristen /Katolik : " Tiada keselamatan di luar gereja".

kesimpulan ini saya dapatkan, bahwa hanya melalui ajaran kristen sajalah manusia dapat terselamatkan, di luar itu tidak ada keselamatan sama sekali, jangan coba-coba mencari keselamatan diluar ini, karena jesus sudah menebusnya.

2. Agama Islam : "Tiada sorga di luar Islam"

kesimpulan ini saya dapatkan dari diskusi dengan teman-teman saya, bahwa tanpa melalui ajaran islam, maka mustahil dapat menikmati sorga yang abadi, diluar islam berarti kafir yang ganjarannya jelas adalah masuk neraka.

3. Agama Buddha : "Tanpa ajaran Buddha (Vippasana), tiada pembebasan abadi (Nibbana) dari jeratan samsara (Dukha)"


dari teman-teman diskusi saya mendapatkan informasi, hanya dgn vippasana sajalah akar dari samsara (Lobha, Dosa & Moha) dapat dihancurkan.

4. Agama Hindu : "Jalan manapun yang engkau tempuh dan sejauh mana sejauh itu itupula engkau KU terima"

dalam pandangan Hindu, Tuhan yang kekal adalah sumber segala sesuatu, dan menyatu dengan Tuhan adalah tujuan akhir untuk menghentikan samsara (dukha), dan segala jalan diterima oleh Tuhan, hanya saja pencapaian jalan-jalan itu akan diterima sesuai sejauh mana individu-individu itu mendekati Tuhan.

dengan demikian, Hindu sangat mengedepankan praktik toleransi yang disebut dengan Tat Twam Asi yang kemudian dijabarkan dalam aksi berupa AHIMSA, yang artinya tiada menyakiti mahluk lain.

demikian kesimpulan saya akan agama-agama besar dunia, mungkin ada yang mau nembahkan? atau ada yang mau merevisi kesimpulan yang saya dapat? monggo...

salam

pasadena, 01/04/2013

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun