Mohon tunggu...
Bahrul Ulum
Bahrul Ulum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Agribusiness

tetap semangat gapai impian

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Kehangatan Berkumpul Bersama Keluarga Besar Saat Momentun Libur Lebaran di Kota Garam

12 Mei 2022   11:52 Diperbarui: 12 Mei 2022   12:01 555 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana Silaturahmi bersama Keluarga Besar di Kabupaten Rembang/dokpri

Masyarakat Rembang-menjalani hari raya Idul Fitri seperti halnya keluarga Indonesia lainnya. Momentum hari raya tersebut Masyarakat Rembang gunakan sebagai sarana untuk mempertemukan keluarga besarnya, apalagi tradisi tersebut sudah dua tahun tidak berkumpul dengan sanak saudara. Berkumpul di hari Lebaran merupakan salah satu tradisi dalam keluarga Masyarakat Rembang.

Momentum Kumpul Keluarga Besar di Desa Sumbergirang, Lasem, Rembang/dokpri
Momentum Kumpul Keluarga Besar di Desa Sumbergirang, Lasem, Rembang/dokpri

"Sudah menjadi tradisi kami kalau setelah salat ied, om, tante, budhe, pakdhe, dan saudara ke makam untuk ziarah. Setelah ke makam biasanya kami berkumpul di rumah salah satu saudara kita untuk sungkeman kemudian makan bersama. Tahun ini karena lengkap, saudara pada pulang semua, kita berkumpul di rumah pakdhe yang paling tertua di keluarga," kata Ellya di Desa Sumbergirang, Lasem, Rembang (2/05/2022). 

Halal bi Halal Keluarga Besar di Kediaman Suwoto, Leteh, Rembang/dokpri
Halal bi Halal Keluarga Besar di Kediaman Suwoto, Leteh, Rembang/dokpri

Setiap tahun, keluarga mayoritas akan menjadwal rumah siapa yang akan melakukan open house ketika Lebaran. Seperti di tahun ini, keluarga besar Ellya memilih melakukan open house di kediaman pakdhenya, kawasan Sumbergirang, Lasem, Rembang. Selain itu, tidak hanya Ellya yang melakukan open house, tetapi Suwoto warga Rembang juga melakukan tradisi kumpul keluarga.

"Tahun ini menjadi tahun yang beruntung, dimana kita bisa kumpul keluarga satu sama lain, apalagi yang rumahnya jauh juga diperbolehkan untuk mudik lebaran dan mengadakan tradisi seperti sebelumnya," kata Suwoto di Keluarahan Leteh, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Keseruan Kumpul Keluarga di Libur Lebaran/dokpri
Keseruan Kumpul Keluarga di Libur Lebaran/dokpri

Lebaran tahun ini memang sangat ditunggu oleh para orang tua yang berharap anaknya pulang untuk mudik lebaran berkumpul dengan keluarga. Kumpul keluarga tidak hanya merekatkan tali silaturahmi, tetapi juga untuk melepas kangen yang sudah lama tidak berjumpa bertahun-tahun akibat pandemi di dua tahun lalu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan