Mohon tunggu...
Bagus Sukma Agung
Bagus Sukma Agung Mohon Tunggu... Instruktur Ahli Pertama di Balai Latihan Kerja Bantaeng, Kemnaker RI

Seorang yang terus menerus belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Keahlian yang Wajib Dimiliki dan Dikuasai di Tahun 2021

15 Januari 2021   07:42 Diperbarui: 15 Januari 2021   07:44 88 2 0 Mohon Tunggu...

Setiap insan manusia selalu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dalam menerima berbagai input yang masuk ke dalam diri merupakan suatu anugerah yang tidak mungkin untuk tidak disyukuri. Input yang masuk ke dalam diri yang berasal dari lingkungan atas pemberian Tuhan menjadi suatu power bagi manusia. Manusia dengan segala kelebihannya dibanding makhluk ciptaan-Nya yang lain mau tidak mau harus mengasah kemampuannya dari waktu ke waktu. 

Inilah 5 keahlian yang wajib kamu kuasai dan miliki di tahun 2021...Check it out!

1. Bahasa Asing

Kemampuan Bahasa Asing tidak bisa dipungkiri jika termasuk keahlian yang wajib dikuasai oleh setiap orang. Bahasa Asing selain Bahasa Inggris (red: Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa wajib dikuasai oleh setiap orang) menjadi penting karena di negara-negara modern ini lebih banyak mengedepankan Bahasa Nasional mereka masing-masing, Jepang misalnya. Di Negara Jepang keseharian masyarakat menggunakan Bahasa Jepang untuk bahasa sehari-hari. Setiap orang yang berkunjung ke negara Jepang ini seperti mahasiswa, turis harus menggunakan Bahasa Jepang karena banyak dari warga disana tidak mengerti Bahasa Inggris.

2. Digital Konten

Perkembangan revolusi industri yang mengarah ke dunia digital, IoT (Internet of things) membuat dunia pekerjaan banyak yang berubah. Semakin banyak pekerjaan lama menjadi hilang dan digantikan dengan pekerjaan baru yang lebih mengedepankan digitalisasi. Seiring perkembangan kemajuan yang pesat ini menuntut manusia ikut berubah. Perubahan ini sudah mulai disadari oleh banyak orang termasuk kalangan muda yang mana semakin banyak pemuda-pemudi yang sukses menggeluti dunia digital dan meraup untung yang luar biasa. 

Konten kreator media sosial dan pencetus start-up berbasis teknologi menjadi bukti sahih bagaimana industri teknologi digital menjadi ladang bisnis yang menjanjikan dan prospektif di masa depan. Banyak konten kreator yang meraup keuntungan ratusan juta rupiah dari usaha dijalur digital ini.

3. Internet Marketing

Internet marketing wajib kita kuasai agar tidak ketinggalan jaman gaes...

Bagi kamu yang memiliki bisnis atau usaha baik kecil-kecilan atau yang sudah melejit sepertinya sudah wajib untuk menguasai internet marketing ini. Pada era sekarang ini (ditambah dengan adanya masa pandemi) membuat internet marketing dapat memudahkan proses jual-beli bisnis kamu. Dengan internet marketing seorang pebisnis tidak harus memiliki toko dan tempat berjualan. Pebisnis hanya tinggal duduk dirumah dan aktif scrool-scrool gadget untuk melayani konsumen dengan menawarkan dagangannya. Simple bukan?

4. Self Branding

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN