Mohon tunggu...
Bagus ShandyNarmaditya
Bagus ShandyNarmaditya Mohon Tunggu... Dosen, Peneliti, Penulis

Dosen, Peneliti, Penulis, Editor pada Classroom Action Research Journal, Editor pada Trikonomika Jurnal

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Peran Wanita dalam Peningkatan Kapasitas Ekonomi Lokal

13 Juli 2019   11:56 Diperbarui: 13 Juli 2019   16:59 0 1 0 Mohon Tunggu...
Peran Wanita dalam Peningkatan Kapasitas Ekonomi Lokal
Hasil Karya Decoupage| Dokpri

Oleh: Vidya Purnamasari, Bagus Shandy Narmaditya, Vika Annisa Qurrata 

Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang

 Kelompok Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2019 bertema "Pemberdayaan Wanita Melalui Penciptaan Peluang Usaha Guna Penguatan Kapasitas Ekonomi Lokal" di Kelurahan Betet, Kota Kediri, Jawa Timur. Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dibuka oleh Kepala Desa Kelurahan Betet, Jumat (1/7/2019) bertempat di gedung serba guna Kelurahan Betet dengan menghadirkan pemateri dari Akademisi, Praktisi dan Profesional. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pemaparan pentingnya peran wanita dalam penguatan kapasitas ekonomi lokal dan kegiatan pelatihan decoupage pada Ibu-ibu yang tergabung dalam PKK. 

Pemberdayaan Wanita 

Pada sesi pertama Ketua Pengabdian, Vidya Purnamasari, S.E., M.Sc menjelaskan tentang pentingnya pemberdayaan wanita yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pemberdayaan masyarakat yang menyeluruh. Lebih lanjut, pemberdayaan wanita berarti memberikan kekuatan dan kemampuan terhadap potensi yang dimiliki kaum wanita agar dapat diaktualisasikan secara optimal dalam prosesnya dan menempatkan wanita sebagai manusia seutuhnya. Proses dan aktivitas pemberdayaan wanita yang dilakukan oleh kelompok wanita sedikit banyak membawa implikasi yang cukup signifikan dalam pola relasi wanita di dalam keluarga dan masyarakat. 

Ketimpangan Pendapatan 

Pada sesi berikutnya, Bagus Shandy Narmaditya, S.Pd., M.Pd menjelaskan permasalahan ketimpangan pendapatan. Pemateri menjelaskan bahwa pembangunan yang kurang merata serta mata pencaharian hidup masyarakat umumnya pada sektor agraris, dengan sistem pertanian yang masih tradisional dan masih sulit untuk menerima ide-ide baru maupun teknologi terbaru yang masuk menjadi penghambat dalam pemberdayaan masyarakat. Sehingga model-model pelatihan dan pendampingan yang dilakukan akan memberikan kontribusi yang nyata terhadap penguatan ekonomi lokal khususnya ekonomi rumah tangga. 

Pendampingan Pelatihan 

Memasuki acara inti, Vika Annisa Qurrata, S.E.,M.E, Dosen Fakultas Ekonomi yang juga sebagai seorang entrepreneur memberikan pendampingan dengan bekerja sama dengan beberapa pihak di kelurahan Betet kepada Ibu-ibu tentang pembuatan decoupage. Pada kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 60 peserta. Pertama, peserta diberikan teknik-teknik dasar dan pengetahuan awal tentang pembuatan decoupage. Selanjutnya, masing-masing peserta diberikan bahan-bahan untuk dibuat sesuai dengan kreativitas. 

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih enam (6) jam ini diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta, terlihat dari beraneka-ragamnya hasil karya decoupage yang dihasilkan. Apabila ditekuni, pelatihan decoupage ini akan menciptakan peluang usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Universitas Negeri Malang sebagai penyelenggara kegiatan pengabdian masyarakat bersedia memfasilitasi pengurusan dan pendampingan Hak Cipta apabila ibu-ibu PKK di Kelurahan Betet ingin mendalami kerajinan decoupage untuk dijadikan sebagai potensi ekonomi lokal.