Mohon tunggu...
Bagus Satrio Utomo
Bagus Satrio Utomo Mohon Tunggu... mahasiswa biasa

mmenulis apa yang ada daalam angan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM Universitas Muhammadiyah Malang 2021: Mengajar Mengaji di Dusun Gumuk

4 Mei 2021   03:00 Diperbarui: 4 Mei 2021   03:10 78 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM Universitas Muhammadiyah Malang 2021: Mengajar Mengaji di Dusun Gumuk
dokumentasi pribadi

Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) merupakan program dari kampus Universitas Muhammadiyah Malang yang diperuntukkan kepada mahasiswa/mahasiswi UMM dalam memenuhi kewajiban Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kami dari mahasiswa UMM dan beridentitaskan kelompok 84 yang secara yakin dan meminta izin kepada kepala Desa Selorejo untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) di Dusun Gumuk, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Program kerja yang kami adakan ini merupakan program kerja yang ditawarkan dan disepakati oleh masyarakat Dusun Gumuk.

Dalam melakukan pengabdian dimasyarakat, program yang kami lakukan beberapa merupakan permintaan dari warga Dusun Gumuk, yaitu mengajar mengaji anak-anak dan juga membantu kegiatan posyandu. Mengajar mengaji anak-anak dilakukan dua kali dalam seminggu. Dalam belajar mengaji kelompok kami juga mengajar mata pelajaran sekolah yang dikuasai oleh individu dalam kelompok, hal ini dilakukan karena banyaknya orang tua yang ingin kelompok kami mengajar mata pelajaran sekolah karena pengabdian yang kami lakukan bertepatan dengan ujian tengah semester dari anakanak yang ada di Dusun Gumuk.

Kegiatan Posyandu yang dilakukan oleh ibu-ibu di Dusun Gumuk dilakukan tiap 1 bulan sekali. Dalam kegiatan ini, kelompok kami diberi tugas untuk mencatat tensi daran dan juga berat badan dari peserta posyandu. Kegiatan ini berjalan lancer meskipun persiapan yang kelompok kami lakukan cukup singkat.

Beberapa program yang kami buat juga berisi beberapa program sosial lainnya , diantaranya yakni sosialisasi hasil pertanian, dimana kelompok kami melakukan pendekatan sosial kepada petani dengan cara mendatangi para petani saat dilahan guna membahas mengenai potensi hasil pertanian yang ada di Dusun Gumuk. Cara ini kami lakukan agar tidak menyita waktu istirahat petani saat pulang dari lading. Hail yang kami terima cukup positif dimana banyak dari petani mendengarkan sosialisasi yang kelompok kami paparkan.

Program terakhir yang kami lakukan yakni membagikan masker kepada pengunjung wisata bedengan. Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir penularan covid-19 pada pengunjung di wisata bedenga. Kegiatan ini dilakukan setiap weekend dikarenakan pada ssat itu pengunjung mengalami penigkatan.

VIDEO PILIHAN