Mohon tunggu...
Bagus Perdana Rahmadyanto
Bagus Perdana Rahmadyanto Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Money

Melihat Peluang Bisnis Melalui Event Kampus

9 Mei 2020   10:56 Diperbarui: 9 Mei 2020   10:57 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kota Malang sebagai kota pendidikan memiliki 59 perguruan tinggi dimana rata-rata perguruan tinggi negeri maupun swasta berada di kawasan Jalan Veteran yang memang terkenal akan kawasan pendidikannya. Melihat kondisi saat ini dimana banyak perguruan tinggi swasta yang berdiri di Kota Malang menandakan bahwa permintaan akan sektor pendidikan tinggi belum dapat terserap sepenuhnya, sehingga peluang tersebut dimanfaatkan untuk mendirikan perguruan tinggi. Tingginya permintaan akan perguruan tinggi sebagian besar berasal dari luar Kota Malang.

Banyaknya perguruan tinggi di Kota Malang membawa angin segar bagi pelaku industri dunia hiburan di Kota Malang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya event yang bertebaran setiap bulannya dari berbagai perguruan tinggi di Kota Malang, baik itu event besar, sedang, ataupun kecil. Event yang diselenggarakan oleh mahasiswa ini tentunya memerlukan berbagai alat pendukung demi menjamin kelancaran terselenggaranya acara mereka.

Alat-alat yang digunakan dalam event mahasiswa beragam, mulai dari yang besar seperti lighting demi menampilkan kemegahan acara mereka hingga alat yang kecil seperti handy talkie demi melancarkan komunikasi diantara panitia sehingga event dapat berjalan dengan lancar.

Melihat peluang tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti jejak menjadi pelaku industri di bidang dunia hiburan dengan bermodalkan uang Rp2.000.000 akhirnya saya memutuskan untuk membeli beberapa alat komunikasi handy talkie. Pada awalnya saya mencoba membuka akun instagram bisnis terlebih dahulu untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai jasa layanan yang saya tawarkan.

Selain itu saya juga secara mandiri menawarkan jasa saya kepada panitia event ataupun kepada fakultas atau universitas untuk menawarkan kerjasama kontrak. Pada masa awal-awal berdiri saya merasa cukup kesusahan dan kewalahan pada saat yang sama, kesusahan untuk mendapatkan pelanggan serta kewalahan karena setiap event membutuhkan banyak perangkat handy talkie sehingga saya harus mencari rekanan persewaan handy talkie lain di Kota Malang.

Seiring berjalannya waktu, saya kembali menambah unit handy talkie yang saya miliki, selain itu saya mencoba peruntungan kembali dengan membeli seperangkat alat soundsystem dan LCD proyektor yang mana masih sejalan dengan usaha saya. Hingga saat ini saya bersyukur karena usaha saya masih tetap dapat berjalan dan berkembang meskipun belum besar. Saya berharap agar tulisan saya dapat menginspirasi orang lain untuk berwirausaha sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun