Mohon tunggu...
Bagus Iqbal Fauzan
Bagus Iqbal Fauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa

UIN Syarif Hidayatullah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Akibat Terlalu Sering Bermain Game

23 Januari 2021   15:31 Diperbarui: 23 Januari 2021   15:37 56 1 0 Mohon Tunggu...

Bermain game memang merupakan kegiatan yang asyik baik untuk sekadar bersenang-senang maupun untuk membunuh waktu senggang. Di era modern, game tidak hanya dimainkan oleh anak-anak, namun orang dewasa juga banyak yang bermain game. 

Apalagi saat ini sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk bermain game, baik menggunakan smartphone, PC, ataupun game konsol.Namun bermain game bisa juga berbahaya lho apabila dilakukan terlalu lama. 

Akibat terlalu lama bermain game, nggak sedikit orang yang lupa waktu dan lupa untuk beristirahat. Kalau dilakukan terus menerus hal ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan, dan akan menimbulkan banyak akibat buruk, salah satunya penyakit. 

Ada beberapa jenis penyakit yang akan timbul kalau terlalu lama bermain game.

1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit di bagian tangan yang membuat tangan terasa mati rasa, nyeri, atau terasa melemah.CTS biasanya disebabkan bila tangan terhimpit atau mendapat tekanan terlalu lama, dan ini sangat mungkin terjadi kepada gamers baik yang menggunakan PC atau smartphone.

2. Migrain atau sakit kepala sebelah.

Bukan rahasia umum lagi kalau bermain game terlalu lama adalah salah satu penyebab utama seseorang terkena migrain atau sakit kepala sebelah. Migrain bisa timbul bila terlalu lama bermain game, dan menatap layar smartphone atau layar monitor PC terlalu lama.

3. Insomnia.

Insomnia atau gangguan tidur juga menjadi salah satu penyakit yang paling sering timbul diantara para gamers. Insomnia atau nggak bisa tidur di malam hari ini adalah penyakit berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan, kerena memang tubuh sangat membutuhkan tidur pada malam hari.

4. Nyeri punggung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x