Mohon tunggu...
Andreas Bagas
Andreas Bagas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Fisip Uajy 2018

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bentuk Tubuh Perempuan dalam Film "Imperfect"

25 November 2020   20:24 Diperbarui: 25 November 2020   20:59 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bentuk Tubuh Perempuan dalam Film "Imperfect"
sumber: JalaStoria.id

Imperfect (2019) adalah film yang bergenre romantis dan rilisan sutradara Ernest Prakasa yang bercerita tentang kisah Rara (Jessica Mila) yang terlahir dengan tubuh gemuk dan berkulit sawo matang, keturunan dari gen ayahnya yang mengalami bullying dan body shaming di lingkungannya karena kelebihan berat badan.

Sedangkan adiknya, Lulu (Yasmin Napper) memiliki rupa yang cantik dan menarik dari gen sang ibu yang dulunya merupakan seorang peragawati. Hal ini yang menjadi perdebatan antara sang kakak dan adik tersebut di dalam keluarga.

Konflik dalam film ini muncul saat suatu hari Rara mendapat peluang untuk naik jabatan di kantornya. Namun, Kelvin (Dion Wiyoko), pemimpin perusahaan sangat memperhatikan masalah penampilan untuk menjadi manager baru di kantornya. Maka dari itu, Rara diminta untuk mengubah total penampilannya jika ingin menduduki di posisi manager ini.

Lalu, bagaimana cara Rara untuk nenurunkan berat badannya? Apakah Rara bisa untuk menurunkan berat badannya untuk bisa menjadi manager di kantor kosmetik tersebut? Lalu, apa kaitannya dengan teori komodifikasi?

Perjuangan Rara Menurunkan Berat Badan

Setelah manager lama mengundurkan diri, kantor kosmetik Malati tersebut membutuhkan manager baru untuk menggantikan posisi manager yang lama. Lalu, Kelvin memberikan amanat kepada Rara untuk menjadi manager barunya. Namun, pintar saja tidak cukup untuk menjadi manager, penampilan juga harus diperhatikan, kata Kelvin. Hal ini membuat Rara menjadi insecure akan penampilan dirinya.

sumber: Merahputih.com
sumber: Merahputih.com

Di sisi lain, ada Marsha (Clara Bernadeth) yang menjadi saingan Rara untuk mendapatkan posisi tersebut, karena selalu berpenampilan rapi dan good looking. Di saat inilah Dika (Reza Rahadian), kekasih Rara berusaha menyemangati Rara dan menunjukkan kasih sayang kepada Rara. Hingga pada suatu hari Rara berusaha merawat diri dan melakukan diet total dengan berolahraga hingga mengatur pola makan untuk mengubah penampilannya.

Dari film "Imperfect" ini terdapat beberapa teori komodifikasi, salah satunya adalah teori Strukturasi. Teori Strukturasi menurut Vincent Mosco yaitu adanya hubungan sosial antara kelas, gender, jenis kelamin, dan ras.

Dalam adegan dalam film "Imperfect" terdapat pembagian kelas sosial antara rekan-rekan kerja sekantor Rara. Rekan-rekan kerja yang memiliki tubuh ideal dan seksi melakukan body shaming atau meledek Rara dengan tubuh gemuknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN