Mohon tunggu...
Bagas AdiNurcholish
Bagas AdiNurcholish Mohon Tunggu... Mahasiswa UMM

Berjuang agar lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa PMM UMM Ikut Serta dalam Upaya Menjaga Kebersihan Lingkungan di Desa Tegalgondo

20 Juni 2021   17:20 Diperbarui: 20 Juni 2021   17:31 38 1 0 Mohon Tunggu...

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 79 Gelombang 10 yang dilaksanakan di Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang mengusung konsep kebersihan lingkungan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh PMM kel 79 Gel 10 adalah memasang rambu-rambu himbauan untuk tidak membuang sampah disungai. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah disungai, hal ini dikarenakan sungai sebagai irigasi pertanian dan sebagai sarana ekosistem air seperti perikanan, Pertanian dan peternakan.

Dokpri
Dokpri
Kegiatan pemasangan rambu-rambu tersebut bertujuan agar masyarakat menjaga dan tidak membuang sampah sembarangan di aliran DAS ( Daerah Aliran Sungai). Pemasangan dilakukan dibeberapa dusun di Desa Tegalgondo terletak di dusun dauwan Jembatan Sengkaling, jalur alternatif batu malang, Dusun Wunutsari di DAS dan jembatan, Dusun Gondang di jembatan dan taman baca Desa tegalgondo. “Desa Tegalgondo sendiri merupakan salah satu desa yang banyak penduduknya dan banyak mahasiswa yang kost di Desa Tegalgondo sehinga dengan adanya rambu-rambu himbauan ini kami berharap masyarakat memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah di daerah aliran sungai sehingga tercipta kehidupan yang sehat dan lingkungan yang bersih” ujar Muhammad Iqbal Zanuardi salah satu anggota PMM kelompok 79 Gelombang 10 Tahun 2021.

Dokpri
Dokpri
Kegiatan pemasangan rambu-rambu ini juga melibatkan ketua KSM Desa Tegalgondo yaitu Herman. “Membentuk masyarakat sadar lingkungan terutama di aliran sungai”ujar Herman Firmansyah Ketua KSM Desa Tegalgondo. PMM UMM kelompok 79 gelombang 10 dengan dosen pembimbing Muhammad Fath Mashuri, S.Psi., M.A yang beranggotakan Bagas Adi N, Muhammad Iqbal Zanuardi, M. Adieb Abyan Nafis, Erviyan Eka Citra, dan Muhammad Rifqi Kurniawan.

VIDEO PILIHAN