Mohon tunggu...
Badriyah Yaumi
Badriyah Yaumi Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Malang

Masih dalam tahap pembelajaran

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bercanda Itu Ada Aturan dan Batasannya

13 Oktober 2019   01:47 Diperbarui: 13 Oktober 2019   03:15 0 5 0 Mohon Tunggu...
Bercanda Itu Ada Aturan dan Batasannya
Artikula.id

Di dalam kehidupan, setiap manusia itu pasti memiliki berbagai macam-macam bentuk masalah dalam hidupnya. Entah itu masalah kecil ataupun masalah besar. 

Dan pastinya membutuhkan yang namanya refreshing akibat kegabutannya,salah satunya mungkin dengan bercanda terhadap kerabat nya ataupun keluarga nya. Mungkin dengan bercanda dapat mengurangi beban pikiran dalam hidupnya.

Bercanda merupakan suatu hal yang menyenangkan,dengan bercanda dapat menghilangkan rasa hati yang sedang bersedih, tapi ada kalanya bercanda dapat menimbulkan pertengkaran. Kenapa? Karena bercanda yang mungkin terlalu berlebih-lebihan sehingga menimbulkan dampak yang negatif ataupun tidak baik. 

Cukuplah bercanda yang sewajarnya saja tidak perlu sampai over, karena segala sesuatu yang kita lakukan apalagi sampai berlebihan itu pasti akan berhujung keburukan. 

Dari sinilah kita harus ketahui bahwasanya dalam bercanda itu semua pasti ada batasannya dan ada aturannya, karena bercanda yang berlebihan itu tidak baik untuk hati dan otak kita, bahkan bisa membahayakan diri kita ataupun orang lain. 

Seperti kasus yang terjadi pada beberapa hari yang lalu di UIN Raden intan Lampung Senin 07 Oktober 2019, 2  orang mahasiswa UIN ini meninggal dunia karena tenggelam di embung yang ada dikampus tersebut. 

Hanya karena ingin merayakan ulang tahun temannya,  dan mungkin ingin memberi kejutan kepada yang bersangkutan. Dengan adanya candaan yang sebenarnya tidak wajar ini, justru bercanda yang seperti ini mendatangkan suatu masalah besar yang berhujung maut. 

Ini adalah salah satu contoh buruk akibat candaan yang berlebihan yang dilakukan tanpa berpikir panjang.

Dalam hal ini dapat kita ambil banyak pelajaran nya, bahwasanya bercanda itu boleh akan tetapi kita juga harus tau aturan dan batasannya. Ada beberapa aturan dalam bercanda diantaranya:

1. Niat yang benar.

Hadis nabi menerangkan bahwa segala amal itu bergantung pada niat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3