Mohon tunggu...
Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Mohon Tunggu... admin dari roqibus.com

Saya suka nulis udah gitu doang dah.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Cara Menanam Melon di Dalam Pot yang Benar, Subur, dan Lebat

5 Juli 2020   23:23 Diperbarui: 5 Juli 2020   23:21 206 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menanam Melon di Dalam Pot yang Benar, Subur, dan Lebat
Contoh tanaman melon dalam pot

Tergolong salah satu jenis tanaman musiman, akan tetapi buah ini begitu fenomenal di indonesia, sebut saja buah Melon, buah ini memiliki banyak penggemar karena memiliki rasa yang khas, selain itu buah ini hampir disetiap lemari pendingin sudah ada buah yang satu ini. disamping memiliki rasa yang khas buah melon juga dapat dinikmati saat cuaca panas, hal ini karena buah melon memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menjadikan buah ini menjadi sajian pas saat cuaca panas. Melon sendiri termasuk pada keluarga Cucurbiateceae.

Buah Melon ini memiliki banyak sekali penggemar sehingga tak heran jika buah ini memiliki harga yang lumayan mahal di indonesia. Dengan begitu banyak sekali para petani berpindah untuk membudidayakan buah melon ini. akan tetapi beberapa petani juga memiliki problem tersendiri saat ingin menanam buah melon yaitu membutuhkan tanah yang lumayan luas karena buah ini memiliki batang memanjang disertai daun. Maka dari itu dibutuhkan cara yang tepat untuk membudidayakan buah melon ini. salah Satunya adalah menanam buah melon dalam pot dipekarangan rumah anda.

Untuk kalian yang ingin tahu soal informasi seputar Tanaman buah dapat kunjungi istanabuah.com

kflCara Budidaya Melon Dalam Pot
Untuk lebih jelasnya bagaimana proses dan cara menanam buah melon silahkan anda simak baik-baik ulasan kami dibawah ini:

1. Pemilihan bibit
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu salah satu point yang sangat penting adalah pemilihan bibit, untuk mendapatkan bibit unggulan saat ini sudah mudah untuk ditemui ditoko pertanian. Bahkan sudah ada yang menjual benih yang rentan terhadap hama penyakit, sebelum ditanam sebaiknya anda rendam bibit tersebut selama 10 jam didalam air yang sudah dicampur dengan fungsida.

2. Pot untuk menanam
Untuk mendapatkan hasil yang bagus disamping bibit unggul tentunya anda juga harus menyediakan sarana tanam yang bagus pula, salah satunya adalah media tanam yang terdiri dari beberapa bagian yaitu tanah, pupuk dan sekam, setelah itu masukkan dalam pot yang sudah disediakan sebelumya.

3. Proses penanaman
Hal yang tidak kalah penting adalah proses penanaman bibit yaitu sekitar 10 sampai 15 hari setelah bibit disemai, atau tanaman sudah berdaun, sebelum penanaman media tanah harus dibasahi terlebih dahulu dengan air dan lakukan penanaman pada sore hari, hal ini tentu agar suhu sore hari akan mencegah dan meminimalisir kematian tanaman tersebut.

4. Pemeliharaan
Lakukan pemeliharaan dan selalu memangkas untuk dapat menghasilkan buah yang lebih bagus dan berkualitas. Calon buah dapat anda pilih antara cabang 7-12 dan pilihlah salah satu saja untuk dibesarkan. Lakukan pemupukan secukupnya dan selalu pantau pertumbuhannya.

5. Panen
Sebelum memanen tentu saja anda harus memperhatikan kematangan dari melon tersebut, anda bisa memanen melon tersebut sekitar 65-70 hari. Untuk cara panennya anda harus memotong pada tangkai sekitar 3cm dari buah itu sendiri dan selalu gunakan pisau atau gunting yang tajam demi menghindari rusaknya tangkai.

Itulah tadi beberapa tips jika anda ingin memulai membudidayakan buah melon, anda dapat memanfaatkan pot untuk media tanam melon tersebut. Dan yang tak kalah penting anda harus selalu memantau perkembangan dan pertumbuhan melon yang sudah anda tanam.

VIDEO PILIHAN